Kompas TV saintek sains

BMKG Ungkap Prakiraan Awal Musim Hujan di Indonesia Mulai September 2023, Bertahap hingga 2024

Kompas.tv - 21 September 2023, 05:05 WIB
bmkg-ungkap-prakiraan-awal-musim-hujan-di-indonesia-mulai-september-2023-bertahap-hingga-2024
Ilustrasi hujan. Tiga anak memakai payung di bawah hujan di Jakarta. (Sumber: FOTO ANTARA/Rosa Panggabean)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan bahwa awal musim hujan di Indonesia dimulai pada bulan September 2023.

Berdasarkan data BMKG, sejumlah wilayah di Indonesia telah terkonfirmasi mengalami musim hujan. Yaitu, sebagian besar Aceh, Sumatra Utara (Sumut), Riau, Sumatra Barat (Sumbar) bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau.

Selanjutnya, BMKG memprediksi, musim hujan akan terjadi di Sumatra bagian tengah dan selatan, hampir berurutan diikuti dengan Kalimantan, Jawa, dan secara bertahap akan mendominasi hampir seluruh wilayah Indonesia pada periode Maret hingga April 2024.

Berikut ini rincian wilayah yang mengalami musim hujan berdasarkan waktu:

1. September 2023

Pada September 2023, terdapat sekitar 24 zona musim atau 3,4 persen yang akan memasuki musim hujan, yaitu sebagian Sumbar dan Riau bagian selatan.

2. Oktober 2023

Pada Oktober 2023 ada sekitar 69 zona musim atau 9,9 persen akan memasuki musim hujan, yaitu di Jambi, Sumatera Selatan (Sumsel) bagian Utara, Jawa Tengah (Jateng) bagian selatan, sebagian wilayah Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagian barat, dan sebagian besar Kalimantan Timur.

Baca Juga: 28 Wilayah yang Diprediksi Masuk Musim Hujan September-Desember 2023 menurut BMKG

3. November 2023

Selanjutnya, pada November 2023 terdapat sekitar 255 zona musim atau 36,5 persen yang akan memasuki musim hujan, yaitu Sumsel, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jateng, sebagian Jawa Timur, dan Bali.

Lalu, sebagian kecil Nusa Tenggara Barat (NTB), sebagian kecil Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x