Kompas TV nasional rumah pemilu

Gerindra Tak Hadiri Pertemuan 8 Parpol, Airlangga: Sudah Menyetujui Statement Hari Ini

Kompas.tv - 8 Januari 2023, 14:17 WIB
gerindra-tak-hadiri-pertemuan-8-parpol-airlangga-sudah-menyetujui-statement-hari-ini
Para petinggi dari delapan partai politik (parpol) berfoto bersama sebelum pertemuan yang membahas sistem proporsional tertutup dalam Pemilu 2024 di Hotel Dharmawangsa, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023). (Sumber: ANTARA/Syaiful Hakim)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV – Perwakilan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) tidak hadir dalam silaturahmi awal tahun yang dihadiri oleh petinggi tujuh partai politik (parpol) yang menolak pemilihan umum (pemilu) dengan sistem proporsional tertutup.

 

Pertemuan tersebut dilaksanakan di Hotel Dharmawangsa, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Minggu (8/1/2023).

Ketujuh parpol itu adalah Partai Golkar, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Amanat Nasional (PAN).

Meski tidak ada perwakilan Gerindra yang hadir, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyebut parpol pimpinan Prabowo Subianto itu telah menyetujui pernyataan yang dikeluarkan dalam pertemuan tersebut.

Pertemuan ketujuh elite parpol itu menghasilkan lima poin pernyataan sikap, yang intinya menolak pemilu dengan sistem proporsional tertutup.

“Yang hari ini tidak terlihat adalah Partai Gerindra. Namun Partai Gerindra sudah berkomunikasi, baik dengan saya maupun dengan NasDem, dan sudah menyetujui statement yang dibuat hari ini,” kata Airlangga dalam kegiatan itu, dikutip dari Breaking News Kompas TV.

Baca Juga: 8 Parpol Sepakat Tolak Pemilu Sistem Proporsional Tertutup, Berdalih Kemunduran bagi Demokrasi

Airlangga mengatakan, pertemuan tersebut digelar pada 8 Januari karena ada delapan parpol yang bergabung dan memberikan pernyataan.

“Pertemuan silaturahmi awal tahun ini dilaksanakan tanggal 8, karena partai yang bergabung dalam pertemuan ini dan memberikan statement ada delapan partai.”

Kedelapan partai politik ini, kata dia, bersatu untuk kedaulatan rakyat.

“Tentu pertemuan ini bukan merupakan pertemuan pertama saja, namun tadi bersepakat bahwa pertemuan ini akan dilanjutkan secara berkala,” tuturnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x