Kompas TV lifestyle kesehatan

8 Manfaat Minyak Serai, Meringankan Sakit Kepala hingga sebagai Antiinflamasi

Kompas.tv - 12 Juli 2024, 06:30 WIB
8-manfaat-minyak-serai-meringankan-sakit-kepala-hingga-sebagai-antiinflamasi
Minyak serai atau sereh berasal dari daun dan batang sereh/serai yang diekstrak. Minyak jenis ini telah digunakan untuk mengobati masalah pencernaan dan tekanan darah tinggi. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Serai atau sereh merupakan salah satu tanaman rempah yang cukup populer di Indonesia. Meski berbentuk seperti rumput ilalang, serai memiliki aroma yang kuat dan segar, sehingga cocok untuk menjadi tambahan bumbu masakan Nusantara.

Serai juga kerap diolah sebagai minuman tradisional yang kaya manfaat. Sayangnya, tidak banyak orang tahu tanaman serai juga dapat menghasilkan minyak yang bermanfaat untuk kesehatan.

Minyak serai berasal dari daun dan batang sereh yang diekstrak. Minyak jenis ini telah digunakan untuk mengobati masalah pencernaan dan tekanan darah tinggi. 

Baca Juga: 5 Manfaat Meminum Teh Serai, Dapat Mengatasi Sakit Fisik sampai Psikis!

Minyak serai tergolong dalam essential oil, dan sering digunakan sebagai aromaterapi untuk membantu menghilangkan stres, kecemasan, dan depresi.

8 Manfaat Minyak Serai untuk Kesehatan

Dikutip dari laman Healthline, berikut ragam manfaat minyak serai untuk kesehatan.

1. Meringankan sakit kepala

Serai dapat meringankan sakit kepala dan migrain. Tanaman ini mengandung eugenol yang memiliki kemampuan yang mirip dengan aspirin.

Eugenol dianggap bisa mencegah trombosit darah menggumpal. Zat ini juga melepaskan serotonin, hormon yang mengatur suasana hati, tidur, nafsu makan, dan fungsi kognitif.

2. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Manfaat minyak serai selanjutnya adalah meningkatkan kesehatan pencernaan. Minyak esensial ini dapat membantu mengurangi mual, nyeri, kembung, dan kram yang disebabkan oleh berbagai kondisi gastrointestinal. 

Sementara sebuah studi pada 2012 menemukan, minyak atsiri serai membantu mencegah tukak lambung pada tikus. Namun penelitian lebih lanjut masih dibutuhkan, terutama dengan percobaan langsung ke manusia untuk memastikan hal tersebut.

Baca Juga: 11 Manfaat Air Rebusan Jahe dan Sereh untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Meredakan Gejala PMS

3. Meredakan rasa sakit



Sumber : Healthline



BERITA LAINNYA



Close Ads x