Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Tanda Tubuh Kekurangan Kalium, Sering Kram hingga Kembung

Kompas.tv - 9 Juli 2024, 11:36 WIB
6-tanda-tubuh-kekurangan-kalium-sering-kram-hingga-kembung
Ilustrasi Paru-paru (Sumber: ibrandify on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kalium adalah mineral penting yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk kesehatan jantung, saraf, dan otot. Kekurangan kalium yang dikenal dengan hypokalemia dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan serius jika tidak segera ditangani.

Melansir laman Healthline, kadar kalium normal orang dewasa berkisar antara 3,5 mmol/L sampai 5,1 mmol/L. Orang dianggap kekurangan kalium apabila hasil pengecekan kadarnya di bawah 2,5 mmol/L.

Tubuh yang kekurangan kalium memiliki gejala yang bervariasi dari ringan hingga berat. Beberapa orang mungkin tidak merasakan gejala sama sekali.

Baca Juga: 6 Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan, Salah Satunya Tulang Tambah Sehat

Berikut beberapa tanda tubuh kekurangan kalium.

1. Sering kram

Kram adalah kontraksi otot yang terjadi tiba-tiba dan tak terkendali. Di dalam sel otot, fungsi kalium membantu mengontrol sinyal otak untuk merangsang kontraksi.

Ketika kekurangan kalium, otak jadi sulit menyampaikan sinyal pengontrol otot. Akibatnya, otot jadi berkontraksi terus dan mengalami kram.

2. Badan lemas dan gampang lelah

Tanda tubuh kekurangan kalium selanjutnya adalah badan lemas dan gampang lelah. Umumnya, gejala kekurangan kalium ini disebabkan pelemahan kontraksi otot.

Selain itu, rendahnya kadar kalium dalam darah juga membantu mengontrol kadar insulin dalam darah. Saat insulin tidak terkontrol badan menjadi terasa lelah.

3. Detak jantung cepat

Kekurangan kalium juga dapat memicu kontraksi otot jantung. Hal ini karena kalium masuk dan keluar dari sel jantung membantu mengatur detak jantung.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x