Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Minuman Herbal yang Ampuh Jaga Kesehatan Mata

Kompas.tv - 28 Mei 2024, 05:30 WIB
7-minuman-herbal-yang-ampuh-jaga-kesehatan-mata
Ikuti langkah-langkah sederhana ini untuk menjaga penglihatan yang baik dan menikmati kesehatan mata. (Sumber: pixabay.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mata merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Namun, seiring dengan bertambahnya usia, akan muncul berbagai masalah kesehatan mata.

Oleh karenanya, tak ada salahnya menjaga kesehatan mata sebelum gangguan itu muncul. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Salah satunya dengan mengonsumsi minuman herbal yang dapat menjaga kesehatan mata. Berikut ragam minuman herbal yang ampuh jaga kesehatan mata:

Baca Juga: 12 Oktober Hari Penglihatan Sedunia, Ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Mata

1. Jus wortel

Wortel merupakan salah satu sayuran yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata. Wortel mengandung vitamin A, lutein, dan zeaxanthin yang memiliki sifat antioksidan.

Melansir Healthline, berbagai nutrisi dalam wortel dapat meminimalkan risiko terjadinya berbagai penyakit mata, seperti rabun senja, astigmatisme (mata silinder), katarak, hingga degenerasi makula.

Vitamin A dalam wortel akan membantu mengonversikan cahaya yang diterima mata menjadi sebuah sinyal yang akan ditransmisikan ke otak.

Hal ini dapat meningkatkan kemampuan seseorang melihat dalam kondisi cahaya rendah. Wortel juga mengandung beta karoten, prekursor vitamin A yang penting untuk fungsi mata yang optimal. 

Beta karoten membantu menjaga retina mata tetap sehat, sehingga Anda dapat melihat dengan jelas di dalam gelap.

2. Ekstrak eyebright

Eyebright merupakan salah satu tanaman herbal yang dikenal punya kemampuan untuk menunjang kesehatan mata. Tanaman ini tumbuh liar di dataran Eropa dan memiliki bunga berwarna putih.

Dikutip dari laman Web MD, eyebright dipercaya ampuh untuk menjaga kesehatan mata sejak lama. Tanaman ini dapat mengatasi iritasi mata, kekeringan, dan gejala konjungtivitis.

Eyebright memiliki sifat antimikroba dan antioksidan. Kombinasi ini membuatnya ampuh menjaga kesehatan mata.

3. Teh hijau

Salah satu minuman herbal yang ampuh menjaga kesehatan mata selanjutnya adalah teh hijau. Teh herbal jenis ini mengandung senyawa katekin yang kaya manfaat. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x