Kompas TV lifestyle kesehatan

5 Manfaat Buah Goji Berry, dari Bikin Awet Muda sampai Jaga Stamina Pria

Kompas.tv - 1 Desember 2023, 20:05 WIB
5-manfaat-buah-goji-berry-dari-bikin-awet-muda-sampai-jaga-stamina-pria
Goji Berry (Sumber: kompasiana)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Goji berry menjadi salah satu buah-buahan yang tengah digandrungi di media sosial. Goji berry atau Lycium barbarum adalah buah yang berasal dari Tiongkok yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok. 

Selain rasanya yang manis, buah ini kaya akan nutrisi, termasuk antioksidan, vitamin, dan mineral. Wolfberries ini juga mengandung delapan asam amino penting. 

Satu porsi atau 1 ons goji berry dapat memberikan hampir 10 persen protein kebutuhan protein harian. Kandungan buah goji berry dipercaya dapat meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini.

Baca Juga: Manfaat Buah Bisbul yang Langka| SINAU

Dikutip dari US National Library of Medicine National Institutes of Health, berikut ragam manfaat goji berry.

1. Mencegah Penuaan Dini 

Salah satu manfaat goji berry adalah membuat awet muda. Sebab, goji berry mengandung beta-karoten, yang bermanfaat untuk menyehatkan kulit.

Bahkan, krim kecantikan yang dilengkapi dengan beta karoten dipercaya dapat mengurangi iritasi kulit, meningkatkan kesehatan kulit, mengontrol efek samping matahari, hingga mengontrol dampak penuaan. Dari sebuah penelitian yang dilakukan, kandungan ini berhasil menunjukkan bahwa goji berry dapat melindungi kulit dari penyakit dan sinar UV. 

2. Menurunkan Berat Badan

Goji berry kaya akan kandungan serat.  Kandungan ini dapat membantu untuk mengontrol gula darah serta napsu makan, sehingga membuat merasa kenyang lebih lama.

Satu studi menemukan bahwa pria dan wanita dengan berat badan berlebih yang mengonsumsi 120 ml jus goji berry. Kemampuan mereka untuk membakar kalori setelah satu jam adalah 10 persen lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi jus goji berry.

3. Mengontrol Kadar Gula Darah

Goji berry memiliki manis dan sedikit asam. Namun, penelitian yang dilakukan pada 2015 menunjukkan bahwa goji berry dapat menyeimbangkan kadar insulin dan glukosa dalam darah.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x