Kompas TV internasional kompas dunia

Tel Aviv Bakal Gencarkan Serangan ke Lebanon, Berikut Lini Masa Ketegangan Israel vs Hizbullah

Kompas.tv - 24 September 2024, 22:35 WIB
tel-aviv-bakal-gencarkan-serangan-ke-lebanon-berikut-lini-masa-ketegangan-israel-vs-hizbullah
Warga Lebanon memeriksa lokasi yang dihantam serangan udara Israel di pinggiran Kota Beirut, Lebanon, Selasa (24/9/2024). (Sumber: AP Photo/Hassan Ammar)
Penulis : Edy A. Putra | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Israel menyatakan akan semakin menggencarkan serangannya ke wilayah Lebanon yang diklaim menargetkan Hizbullah. Hal itu disampaikan Kepala Staf Militer Israel Herzi Halevi, Selasa (24/9/2024).

“Kita tidak boleh membiarkan Hizbullah beristirahat. Kita akan terus beroperasi dalam kekuatan penuh. Kita akan mempercepat serangan hari ini dan memperkuat kembali semua unit. Situasi saat ini membutuhkan operasi intensif terus-menerus di seluruh front,” kata Halevi, Selasa (24/9/2024), dikutip dari The Jerusalem Post.

Sementara menurut Kementerian Kesehatan Lebanon, jumlah korban tewas akibat serangan Israel telah mencapai sedikitnya 558 orang termasuk 50 anak-anak, dan 1.835 orang terluka.

Baca Juga: China Dukung Lebanon, Tentang Serangan Israel yang Abaikan Keselamatan Warga Sipil

Dilansir Al Jazeera, Israel mengatakan telah menghantam lebih dari 1.300 situs yang diklaimnya digunakan Hizbullah, partai politik Lebanon yang memiliki sayap militer.

Pada Senin (23/9/2024), Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dirinya “sangat khawatir dengan eskalasi situasi di sepanjang Garis Biru dan banyaknya korban sipil, termasuk anak-anak dan wanita, yang dilaporkan otoritas Lebanon.”

Garis Biru adalah garis demarkasi yang memisahkan pasukan Lebanon dan Israel.

Kekhawatiran Sekjen PBB juga diungkapkan juru bicaranya, Stephane Dujarric.

“Sekretaris Jenderal juga sangat khawatir dengan serangan-serangan Hizbullah ke Israel yang berlanjut. Dia mengungkapkan kekhawatiran besar terhadap keselamatan warga sipil di kedua sisi Garis Biru, termasuk personel PBB, dan sangat mengecam jatuhnya korban jiwa,” ungkap Dujarric, dikutip dari laman resmi PBB.

Baca Juga: Korban Serangan Udara Israel di Lebanon Melonjak, 492 Terbunuh Termasuk 35 Anak dan 58 Perempuan

Lini Masa Ketegangan Israel-Lebanon

Ketegangan antara Hizbullah dan Israel meningkat sejak Israel melancarkan serangan ke Jalur Gaza, Palestina, pada 7 Oktober 2023. Namun, ketegangan tersebut mayoritas berupa pertikaian-pertikaian kecil di perbatasan Lebanon-Israel.




Sumber : Kompas TV, The Jerusalem Post, Al Jazeera




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x