Kompas TV internasional kompas dunia

Wapres AS Kamala Harris Bertemu Netanyahu, Desak Akhiri Serangan di Gaza dan Pulangkan Sandera

Kompas.tv - 26 Juli 2024, 10:46 WIB
wapres-as-kamala-harris-bertemu-netanyahu-desak-akhiri-serangan-di-gaza-dan-pulangkan-sandera
Wakil Presiden AS Kamala Harris dan PM Israel Benjamin Netanyahu di Washington, Kamis 25 Juli 2024. Kamala Harris mendesak Netanyahu segera mengakhiri serangan ke Gaza dan mencapai kesepakatan gencatan senjata. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS TV - Wakil Presiden dan calon presiden Amerika Serikat Kamala Harris, hari Kamis, 25/7/2024, mendesak Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu segera mengakhiri serangan ke Gaza dan mencapai kesepakatan gencatan senjata agar puluhan sandera yang ditahan oleh militan di Gaza sejak 7 Oktober dapat segera pulang.

Dalam percakapan yang disebutnya “jujur dan konstruktif”, Harris menegaskan hak Israel untuk membela diri, namun juga mengungkapkan keprihatinan mendalam terhadap tingginya jumlah korban jiwa di Gaza selama sembilan bulan perang dan situasi kemanusiaan yang “mengerikan” di sana.

Dengan posisi sebagai calon kuat presiden dari Partai Demokrat, Harris mengulangi pesan lama Presiden Biden bahwa sudah saatnya menemukan akhir dari perang brutal di Gaza, di mana lebih dari 39.000 warga Palestina tewas diserang Israel.

Namun, Harris menyampaikan nada yang lebih tegas mengenai urgensi saat ini, sehari setelah Netanyahu memberikan pidato berapi-api di Kongres yang membela perang, berjanji akan “kemenangan total” melawan Hamas, dan hampir tidak menyebutkan negosiasi gencatan senjata.

“Ada kemajuan yang menjanjikan dalam pembicaraan untuk mengamankan kesepakatan ini,” kata Harris kepada wartawan setelah bertemu dengan Netanyahu. “Dan seperti yang baru saja saya sampaikan kepada Perdana Menteri Netanyahu, sudah waktunya untuk menyelesaikan kesepakatan ini.”

Netanyahu sebelumnya bertemu secara terpisah dengan Biden, yang juga menyerukan kepada Israel dan Hamas untuk mencapai kesepakatan tiga tahap yang didukung AS untuk membawa pulang sandera tersisa dan menetapkan gencatan senjata yang panjang.

Gedung Putih mengatakan Biden membahas dengan Netanyahu “kebutuhan untuk menutup kesenjangan yang tersisa, menyelesaikan kesepakatan secepat mungkin, membawa pulang sandera, dan mencapai akhir yang berkelanjutan dari perang di Gaza.”

Biden dan Netanyahu juga membahas peningkatan aliran bantuan ke Gaza serta ancaman yang terus berlanjut dari kelompok militan yang didukung Iran, termasuk Hamas, Hezbollah, dan Houthi.

Harris menegaskan perang Israel di Gaza lebih rumit daripada sekadar mendukung satu pihak atau pihak lain, “Terlalu sering, percakapan ini bersifat semu padahal kenyataannya tidak demikian,” kata Harris.

Baca Juga: Hamas Respons Pidato Netanyahu: Penuh Kebohongan, Bukti Tak Inginkan Gencatan Senjata

Perdana Menteri (PM) Israel Benjamin Netanyahu saat berpidato di Gedung Capitol, Washington DC, Rabu (24/7/2024) (Sumber: AP News)

Harris juga mengutuk kebrutalan Hamas. Juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, John Kirby, mengulangi posisi pemerintahan AS bahwa kelompok militan yang membunuh sekitar 1.200 orang pada 7 Oktober dan menculik 250 orang dari Israel pada akhirnya bertanggung jawab atas penderitaan di Gaza dan harus berkompromi dengan Israel.

Kirby menambahkan kesenjangan antara kedua pihak dapat diatasi “tetapi ada isu yang perlu diselesaikan yang memerlukan kepemimpinan dan beberapa kompromi."

Dengan komentar tegas Harris, pemerintahan juga tampak meningkatkan tekanan pada pihak Israel untuk tidak melewatkan momen ini untuk menyelesaikan kesepakatan.

“Apa yang terjadi di Gaza selama sembilan bulan terakhir ini sangat menghancurkan. Gambar anak-anak yang tewas dan orang-orang yang putus asa, kelaparan, melarikan diri mencari keselamatan, kadang-kadang dipindahkan untuk kedua, ketiga, atau keempat kalinya,” kata Harris. “Kita tidak bisa berpaling dari tragedi ini. Kita tidak bisa membiarkan diri kita menjadi kebal terhadap penderitaan ini. Dan saya tidak akan diam.”

Ribuan orang memprotes kunjungan Netanyahu di Washington, dan Harris mengutuk mereka yang melakukan kekerasan atau menggunakan retorika yang memuji Hamas.

Netanyahu, terakhir kali berada di Gedung Putih saat mantan Presiden Donald Trump menjabat, akan menuju ke Florida pada hari Jumat untuk bertemu dengan calon presiden dari Partai Republik.

Menjelang pertemuan Harris-Netanyahu pada hari Kamis, Trump mengatakan dalam sebuah rapat umum di North Carolina bahwa wakil presiden “sama sekali menentang orang-orang Yahudi."

Harris sudah sering berbicara tentang dukungannya yang kuat untuk Israel. Perjalanan luar negeri pertamanya sebagai senator pada awal 2017 adalah ke Israel, dan salah satu tindakan pertamanya di kantor adalah memperkenalkan resolusi yang menentang resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengutuk Israel.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x