Kompas TV internasional kompas dunia

Misteri Bagaimana Hamas Bisa Masuki Wilayah Israel Mulai Terungkap, Ternyata Begini Caranya

Kompas.tv - 16 Oktober 2023, 10:40 WIB
misteri-bagaimana-hamas-bisa-masuki-wilayah-israel-mulai-terungkap-ternyata-begini-caranya
Terowongan Gaza saat coba ditelusuri oleh tentara Israel pada 2018. Jaringan terowongan panjang di bawah kota Gaza ini diyakini cara Hamas melakukan serangan ke area Israel. (Sumber: Uriel Sinai/The New York Times/Redux Via CNN)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

GAZA, KOMPAS.TV - Serangan kejutan Hamas yang memasuki wilayah Israel di Gaza selain meluncurkan rudal sempat menjadi misteri.

Timbul pertanyaan bagaimana Hamas bisa masuk ke dalam wilayah Israel, yang terkenal memiliki keamanan perbatasan yang canggih pada Sabtu (7/10/2023).

Jawaban misteri itu diyakini adalah banyak sekali terowongan di bawah Gaza yang dikenal sebagai jalur yang digunakan untuk menyelundupkan barang dari Mesir, seperti dilaporkan CNN, Minggu (15/10/2023).

Terowongan itu juga beberapa kali digunakan untuk melakukan serangan ke Israel.

Baca Juga: Biden Ternyata Sebut Pendudukan Gaza oleh Israel Kesalahan Besar, tapi Hamas Harus Dihancurkan

Namun, ternyata terdapat jaringan bawah tanah kedua yang oleh Pasukan Pertahanan Israel (IDF) disebut sebagai “Metro Gaza”.

Metro Gaza merupakan labirin terowongan yang luas, beberapa kilometer di bawah tanah.

Terowongan itu digunakan untuk mengangkut orang dan barang, menyimpan roket dan amunisi, serta menampung pusat komando dan kendali Hamas.

Semua itu jauh dari pengawasan pesawat dan drone pengintai IDF.

Pada 2021, Hamas mengeklaim membangun terowongan sepanjang 500km di bawah Gaza, meski angka tersebut tidak jelas apakah akurat atau tidak.



Sumber : CNN



BERITA LAINNYA



Close Ads x