> >

100 Hari Pertama Kerja, Menaker Yassierli Fokus Penetapan UMP dan Lapangan Kerja

Peristiwa | 22 Oktober 2024, 17:48 WIB
Ilustrasi uang upah minimum provinsi atau UMP. (Sumber: Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli mengungkapkan, penetapan Upah Minimum Provinsi (UMP) menjadi prioritas utama dalam program 100 hari pertama kepemimpinannya di Kabinet Merah Putih.

Pernyataan tersebut disampaikannya usai serah terima jabatan menteri dan wakil menteri di kantor Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker), Jakarta, Selasa (22/10/2024).

"Momentum pertama dalam 100 hari pertama memang terkait tentang UMP. Saat ini kami sedang membahasnya bersama," ungkap Yassierli dikutip dari Antara.

Menurutnya, penetapan UMP merupakan isu strategis yang akan dibahas bersama serikat buruh dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk mencari solusi terbaik.

Selain isu UMP, Menaker juga menekankan pentingnya menciptakan lapangan kerja baru yang signifikan.

Mengacu pada arahan Presiden Prabowo Subianto, fokus pembangunan akan diarahkan pada digitalisasi dan hilirisasi.

Kemenaker saat ini tengah memetakan berbagai permasalahan terkait pengangguran dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), sambil mengidentifikasi peluang penciptaan lapangan kerja baru.

"Kami akan memetakan kebutuhan kompetensi dan cara memenuhinya," jelas Yassierli.

Hal ini sejalan dengan harapan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengenai peningkatan produktivitas dan daya saing SDM melalui program reskilling dan upskilling.

Baca Juga: Ini Fokus Prabowo Subianto untuk Dudung Usai Dilantik: Perbaikan Alutsista

Penulis : Danang Suryo Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU