> >

Analis Politik Sebut Jokowi Berkantor di IKN Pesan Simbolik untuk Prabowo

Politik | 12 September 2024, 21:08 WIB
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi, dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Kamis (12/9/2024). (Sumber: Tangkapan layar)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Analis politik  Burhanudin Muhtadi berpendapat, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) merupakan pesan simbolik untuk Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Burhanuddin menjelaskan hal itu saat menjadi narasumber dalam dialog Kompas Petang, Kompas TV, Kamis (12/9/2024).

“Pak Jokowi memberi semacam pesan simbolik dengan berkantor sebelum masa jabatannya berakhir. Pesan itu lebih diarahkan kepada Pak Prabowo,” ucapnya.

Awalnya, dalam dialog tersebut, Burhanudin menjawab pertanyaan mengenai apakah Jokowi ingin terus meyakinkan Prabowo untuk melanjutkan IKN atau justru Prabowo sebenarnya sudah yakin.

Sebab Jokowi beberapa kali menyampaikan bahwa Prabowo akan komitmen melanjutkan IKN.

Baca Juga: Presiden Jokowi Berkantor di IKN, Pengamat Politik: Isyarat Keberlanjutan Pembangunan IKN

Menurut Burhanuddin, narasi yang selama ini disampaikan Prabowo sama dengan yang disampaikan Jokowi, yaitu narasi keberlanjutan, dan melanjutkan agenda Jokowi.

“Tetapi, lagi-lagi kita harus lebih hati-hati memaknai ini, karena bagaimana pun Pak Prabowo punya agenda prioritas juga,” tuturnya.

“Seperti makanan bergizi gratis, isu internasional, plus penguatan sektor pertahanan dan pertanian.”

Ia membenarkan bahwa IKN merupakan agenda yang berkelanjutan, tetapi tidak dapat disangkal bahwa itu sangat bergantung pada kesiapan fiskal.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU