> >

Wakil Ketua DPR Minta Karantina Mandiri Diberikan ke Seluruh Masyarakat

Politik | 15 Desember 2021, 15:31 WIB
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Sumber: dpr.or.id)

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar meminta pemerintah tak lagi mewajibkan kebijakan karantina kepada masyarakat yang melakukan perjalanan dari luar negeri. 

Mereka sebaiknya melakukan karantina marndiri di rumahnya masing-masing, ketimbang nantinya merasa pemerintah dikira berbisnis penginapan di balik kebijakan tersebut.

"Intinya gini kalau bisa sekarang daripada biaya mahal lebih baik karantina mandiri dengan kontrol," kata pria yang karib disapa Cak Imin di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (15/12/2021). 

Baca Juga: Mahfud MD Minta Anaknya Ikut Aturan Karantina: Kalau Ada Kasus Saya Kasih Kamu ke Aparat!

Menurut dia, masyarakat Indonesia sudah bisa menerapkan disiplin protokol kesehatan, sehingga kasus Covid-19 terus melandai.

"Supaya tidak terlampau mahal, nah karantina mandiri kesadaran tinggi untuk melaksanakan secara disiplin dan kontrol," ujarnya. 

Ia mengaku kerap mendapatkan keluhan dari warga ihwal mahalnya biaya karantina yang diterapkan oleh pemerintah. Oleh sebab itu, dirinya menilai sudah tak lagi efektif kebijakan tersebut di tengah kasus yang kian menurun.

"Karena banyak keluhan kepada saya sebagia wakil ketua DPR mahalnya biaya karantina. Semua, jadi tidak hanya DPR ya, semua, kita usulkan kepada pemeirntah semua yang karantina adalah karantina mandiri, murah tapi kontrol ketat," ujarnya.

Baca Juga: Kebijakan Karantina Setelah dari Luar Negeri, Politikus PKS: Tarifnya Mahal, Memberatkan Masyarakat

Sebelumnya, Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono menegaskan aturan karantina bagi pelaku perjalanan internasional berlaku untuk semua pihak tanpa ada pengecualian.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU