> >

6 Tanda Kekurangan Vitamin B12, Lesu hingga Mudah Marah

Kesehatan | 9 Juli 2024, 10:47 WIB
Ilustrasi padatnya aktivitas sehari-hari yang tidak jarang membuat kita merasa lelah, letih, dan lesu. (Sumber: Dok.)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Vitamin B12 adalah vitamin penting yang berperan dalam berbagai fungsi tubuh, termasuk pembentukan sel darah merah, fungsi saraf, dan metabolisme energi. Melansir laman Healthline, rata-rata orang dewasa membutuhkan vitamin B12 sebanyak 2,4 mikrogram per harinya.

Kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Dikutip dari laman Cleveland Clinic, berikut tanda kekurangan vitamin B12.

1. Lemah dan lesu

Badan terasa lemah dan lesu juga bisa menjadi tanda kekurangan vitamin B12. Kondisi ini terjadi karena tubuh tidak bisa mengedarkan sel darah merah kaya oksigen ke sel-sel bagian tubuh. 

Baca Juga: 6 Manfaat Daun Sage untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Diabetes

Akibatnya, badan jadi terasa lemah dan lesu. Pada lansia, lemas karena kekurangan vitamin B12 ini disebabkan penyakit autoimun anemia pernisiosa.

Penderita anemia pernisiosa tidak dapat memproduksi protein penting yang berfungsi mengikat vitamin B12 di usus.

2. Gangguan saraf

Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan kerusakan saraf yang serius. Hal ini umumnya terjadi apabila kekurangan vitamin jenis ini diabaikan dalam jangka panjang.

Fungsi vitamin B12 salah satunya adalah menghasilkan mielin yang berfungsi melindungi saraf. Tak pelak, banyak orang yang kekurangan vitamin B12 mengalami kesemutan sampai sakit seperti ditusuk-tusuk jarum di bagian tangan dan kaki.

3. Kulit pucat atau kekuningan

Orang dengan defisiensi atau kekurangan vitamin D memiliki kulit pucat atau kekuningan. Tak hanya di kulit, semburat kekuningan ini juga dapat muncul di bagian mata yang berwarna putih.

Penulis : Switzy Sabandar Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU