> >

Menhan Shigeru Ishiba Akan Jadi Perdana Menteri Baru Jepang, Dilantik Pekan Depan

Kompas dunia | 27 September 2024, 15:04 WIB
Shigeru Ishiba berpidato sebelum pemilihan putaran kedua pada pemilihan pimpinan Partai Demokrat Liberal (LDP) pada hari Jumat, 27 September 2024, di kantor pusat partai di Tokyo. (Sumber: AP Photo)

TOKYO, KOMPAS TV — Mantan Menteri Pertahanan Jepang, Shigeru Ishiba, terpilih untuk memimpin partai yang berkuasa, Partai Demokrat Liberal (LDP), pada pemilihan yang diadakan hari Jumat, 27 September 2024. 

Dengan terpilihnya Ishiba, ia dipastikan akan menjabat sebagai Perdana Menteri Jepang pekan depan setelah pemilihan formal di parlemen. 

Kemenangan Ishiba dalam pemilihan ini memberikan jalan menuju jabatan tertinggi di pemerintahan Jepang, karena koalisi yang dipimpin oleh LDP saat ini mengendalikan kedua kamar di parlemen. 

Ishiba dikenal sebagai ahli dalam kebijakan pertahanan, dan mengusulkan pembentukan aliansi militer versi Asia yang menyerupai NATO serta memperjuangkan keseimbangan dalam aliansi keamanan Jepang-AS. 

Selain itu, Ishiba juga merupakan pendukung kuat demokrasi di Taiwan dan mengajukan usulan pembentukan badan penanggulangan bencana di Jepang, yang dikenal sebagai salah satu negara dengan risiko bencana alam terbesar di dunia.

Dalam pemilihan tersebut, ada sembilan kandidat yang bertarung, termasuk dua kandidat perempuan. 

Namun, tidak ada kandidat yang berhasil meraih mayoritas suara dalam putaran pertama, sehingga dilakukan putaran kedua antara Ishiba dan Menteri Keamanan Ekonomi, Sanae Takaichi. 

Takaichi, seorang konservatif garis keras yang pernah menantang Fumio Kishida dalam pemilihan 2021, bisa saja menjadi perdana menteri perempuan pertama di Jepang jika terpilih.

Baca Juga: 9 Anggota Parlemen Berebut Kursi Perdana Menteri Jepang, Janjikan Perubahan dan Perkuat Pertahanan

Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, tengah, memberikan suaranya pada pemilihan pimpinan Partai Demokrat Liberal (LDP) pada hari Jumat, 27 September 2024, di Tokyo. (Sumber: AP Photo)

Perdana Menteri saat ini, Fumio Kishida, terganggu oleh skandal korupsi yang melibatkan partai, dan LDP berharap dengan terpilihnya pemimpin baru, mereka bisa memulihkan kepercayaan publik menjelang pemilihan umum yang akan datang. 

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Associated Press


TERBARU