> >

FBI Gerebek Rumah Scott Ritter, Mantan Pengawas Senjata PBB dan Pengkritik AS dan Israel

Kompas dunia | 9 Agustus 2024, 02:15 WIB
Mantan kepala pengawas senjata PBB, Scott Ritter, berbicara dalam konferensi pers sebelum memberikan kuliah di Georgia State University, Atlanta, Amerika Serikat, Selasa, 17 September 2002. (Sumber: AP Photo/Gregory Smith)

 

NEW YORK, KOMPAS TV – FBI dan polisi menggerebek rumah Scott Ritter, mantan pengawas senjata PBB yang kini dikenal sebagai pengkritik kebijakan luar negeri Amerika Serikat (AS), di Delmar, New York, Rabu (7/8/2024) siang waktu setempat.

Petugas FBI dan polisi terlihat memasuki rumah Ritter di Dover Drive. Namun hingga saat ini, alasan pasti penggerebekan belum diketahui. Tidak jelas juga apakah Ritter berada di rumah saat penggerebekan berlangsung.

"Kami bisa mengonfirmasi bahwa personel FBI saat ini berada di sebuah rumah di Dover Drive untuk melakukan kegiatan penegakan hukum terkait penyelidikan federal yang sedang berlangsung," kata juru bicara FBI di Albany, ibu kota negara bagian New York, kepada Fox News Digital.

Baca Juga: The Washington Post: Israel Mengaku Bunuh Ismail Haniyeh kepada AS, Gedung Putih Murka

Namun, ia menambahkan, kebijakan Departemen Kehakiman melarangnya memberikan komentar lebih lanjut.

Ritter mengklaim pemerintah AS mengeluarkan surat perintah penggeledahan terkait dugaan pelanggaran Undang-Undang Registrasi Agen Asing (FARA). 

Ritter menegaskan dirinya tidak melanggar hukum tersebut.

"Saya tidak melanggar Undang-Undang Registrasi Agen Asing. Saya tidak melakukan apa pun yang melanggar aturan itu, dan saya berharap dengan dieksekusinya surat perintah ini dan pengambilan materi yang mereka lakukan, mereka akan segera menyimpulkan bahwa saya tidak bersalah," kata Ritter kepada wartawan di depan rumahnya.

Baca Juga: Pemukim Ilegal Israel Serbu Al-Aqsa dan Lakukan Ibadah Yahudi di Tengah Eskalasi Kekerasan

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Anadolu


TERBARU