Kompas TV regional jabodetabek

Waspada, Jakarta Peringkat Dua Kualitas Udara Terburuk di Dunia pada Minggu Pagi

Kompas.tv - 18 Juni 2023, 09:40 WIB
waspada-jakarta-peringkat-dua-kualitas-udara-terburuk-di-dunia-pada-minggu-pagi
Ilustrasi. Kualitas udara Jakarta pada Minggu (18/6/2023) pagi berada di peringkat kedua terburuk di dunia (Sumber: Dinas Lingkungan Hidup DKI)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kualitas udara Jakarta pada MInggu (18/6/2023) pagi menduduki peringkat dua terburuk di dunia, berdasarkan situs IQAir.

Sebagai informasi, IQAir adalah perusahaan teknologi kualitas udara asal Swiss, yang mengembangkan pemantauan kualitas udara di berbagai penjuru dunia.

Berdasarkan data pukul 07.30 WIB, indeks kualitas udara di Jakarta berada di angka 164 dengan polutan utama PM 2,5 dan nilai konsentrasi 80.8 µg/m³ (mikrogram per meter kubik).

Udara Jakarta Minggu pagi ini dinyatakan tidak sehat. Angka kualitas udara di Jakarta itu didapat dari 21 kontributor, termasuk dari PurpleAir, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), dan AirNow.

"Konsentrasi PM 2,5 di Jakarta saat ini 12,6 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO," demikian keterangan dari situs IQAir.

Baca Juga: Jokowi Panggil Menteri LHK, Siti Nurbaya untuk Bahas Polusi Udara Hingga Kemarau Panjang

Selain itu, data juga menunjukkan, Jakarta pagi ini memiliki suhu 28 derajat celsius dengan kondisi cuaca berkabut. Nilai kelembapan udara hingga 84 persen dan embusan angin 3,7 km/h. Sementara itu, tekanan udara berada di angka 1.010 mbar (millibar).

Adapun, peringkat pertama kualitas udara terburuk di dunia ada di Johannesburg, Afrika Selatan, yang memiliki indeks kualitas udara 177.

Diberitakan Kompas.tv sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah memanggil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar ke Istana Negara, Jakarta, Jumat (16/6).

Dalam keterangan tertulisnya, Deputi Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan kehadiran Siti Nurbaya itu atas perintah Jokowi terkait polusi udara.


Dikutip dari Antara, mobil dinas jenis Alphard dengan pelat nomor RI 38 tampak terparkir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat siang.

Seperti diketahui, selama beberapa hari terakhir, kualitas udara di Jakarta kembali mendapat perhatian karena sempat menempati peringkat tiga teratas kota dengan kualitas terburuk di dunia, berdasarkan data IQAir.

Kendati demikian, hingga kini belum ada keterangan resmi mengenai hasil pertemuan Menteri LHK Siti Nurbaya dengan Presiden Jokowi tersebut.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x