Kompas TV pendidikan edukasi

Kompetisi Sains Madrasah 2024 Kemenag RI: Adakah Sekolahmu di Daftar Juara Ini?

Kompas.tv - 7 September 2024, 11:10 WIB
kompetisi-sains-madrasah-2024-kemenag-ri-adakah-sekolahmu-di-daftar-juara-ini
Direktorat Pendidikan Islam, Kementerian Agama (Ditjen Pendis Kemenag) RI kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Researcher Camp (Myres) se-Indonesia. Pada tahun ini, kompetisi tingkat nasional ke-13 itu digelar di Kota Ternate, Maluku Utara selama 4 hari (3-6 September 2024). (Sumber: Dok Humas Kemenag RI)
Penulis : Deni Muliya

TERNATE, KOMPAS.TV – Direktorat Pendidikan Islam, Kementerian Agama (Ditjen Pendis Kemenag) RI kembali menggelar Kompetisi Sains Madrasah (KSM) dan Madrasah Young Researcher Camp (Myres) se-Indonesia.

Pada tahun ini, kompetisi tingkat nasional ke-13 itu digelar di Kota Ternate, Maluku Utara selama 4 hari (3-6 September 2024).

“Kota Ternate menjadi tuan rumah bagi 862 peserta dan 2500 pendukung dari 34 provinsi di Indonesia,” kata Direktur KSKK Madrasah, Ditjen Pendis, Kemenag, M. Sidik Sisdiyanto melalui keterangan tertulisnya yang diterima Sabtu (7/9/2024).

Baca Juga: Kemenag Gelar Madrasah Young Researcher, Banyak Temuan Menarik untuk Masa Depan

KSM adalah olimpiade sains bagi siswa madrasah dalam bidang sains, sosial, humaniora, dan keagamaan yang juga diikuti oleh sekolah umum. 

KSM digelar secara berjenjang yang babak penyisihannya dimulai dari sekolah, kemudian ke tingkat kabupaten dan provinsi. 

Bila dihitung seluruh putaran, maka KSM 2024 kali ini telah diikuti oleh 618.756 peserta di tingkat satuan pendidikan, 319.420 peserta di tingkat kabupaten atau kota, 90.378 peserta di tingkat provinsi, dan 7.595 peserta di tingkat nasional.

Sidik menjelaskan, dalam event olimpiade sains paling bergengsi di Kemenag ini, sebanyak 66 individu menjadi peraih penghargaan dan tampil sebagai juara pertama dalam 11 kategori.

Selain di kelas individu terdapat 3 medali emas lainnya untuk kategori beregu dan juga 5 penghargaan kategori khusus, tanpa juara harapan. Untuk masing-masing kategori di kelas individu menampilkan juara 1-6.

Sedangkan pada tingkat MI/SD individu mempertandingkan kategori matematika terintegrasi dan IPAS terintegrasi. 

Para pemenang juara 1 masing-masing adalah Ararya Hangga Dwi Putra dari MIN 3 Kediri, dan Alikha Clemira Andri dari SD Dharma Yudha Riau.

Adapun untuk jenjang SLTP mempertandingkan tiga kategori, yaitu matematika terintegrasi, IPA terintegrasi, dan IPS terintegrasi. 

Pemenang juara 1 secara berurutan adalah Moses Markhesywan Ganda Ribowo dari SMPN 1 Genteng, Banyuwangi.

Lalu ada Nadira Mayumi Assyakirah dari SMP Al-Azhar Mandiri Palu dan Langit Ar-Abrar Rafa Kurniawan dari SMPN 4 Pakem, Bantul, DIY.

Untuk jenjang SLTA mempertandingkan enam kategori, yaitu matematika terintegrasi, biologi terintegrasi, fisika terintegrasi, kimia terintegrasi, ekonomi terintegrasi, dan geografi terintegrasi. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x