Kompas TV pendidikan kampus

Dosen UPI Kampus Serang Gelar PkM Tingkatkan Pelaku Usaha Kawasan Minapolitan

Kompas.tv - 17 Agustus 2024, 10:54 WIB
dosen-upi-kampus-serang-gelar-pkm-tingkatkan-pelaku-usaha-kawasan-minapolitan
Pengabdian yang digelar Dosen Logistik Kelautan UPI Kampus Serang. (Sumber: UPI Kampus Serang)
Penulis : Fadhilah

KOMPAS.TV - Dosen Logistik Kelautan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Kampus Serang menggelar Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di Aula UPT Pengolahan Dinas Perikanan Kabupaten Serang, (Pontang).

Acara yang dihelat pada 25 Juni 2024 itu juga menggandeng Dinas Perikanan Kabupaten Serang.

Pengabdian kepada Masyarakat tahun ini mengusung tema utama “Peningkatan Kapasitas Pelaku Usaha Kawasan Minapolitan dengan Ekonomi Biru dalam Meningkatkan Penyerapan Tenaga Kerja Masyarakat Pesisir Kabupaten Serang“.

Baca Juga: Resmi! Kampus Universitas Multimedia Nusantara dan Multimedia Nusantara Polytechnic di Menara Kompas

Ketua tim pengabdian sekaligus dosen Logistik Kelautan Rubby Rahman Tsani mengatakan, Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu bentuk tugas dan tanggung jawab dosen yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Kegiatan pengabdian ini memiliki tujuan untuk mengenalkan konsep ekonomi biru yang dapat menambah nilai jual dan berdampak positif bagi lingkungan kepada para Kelompok Pengolah dan Pemasar (Poklahsar)," kata Rubby dalam keterangan tertulisnya baru-baru ini.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan metode sharing, diskusi, dan sesi tanya jawab dalam setiap materi yang disampaikan sehingga bagi para poklahsar yang memiliki pertanyaan dapat ditanyakan secara langsung.

Acara ini terbagi menjadi tiga sesi pematerian yang disampaikan oleh para pembicara ahli dalam bidangnya. Sesi pematerian pertama dibuka oleh Rubby Rahman Tsani mengenai peningkatan kapasitas pelaku usaha kawasan minapolitan dengan model ekonomi biru.

Rubby menjelaskan bahwa potensi wilayah perairan Indonesia dan minapolitan Kabupaten Serang dapat dioptimalkan untuk mengatasi tingkat pengangguran terbuka di Kabupaten Serang sekaligus dampaknya bagi lingkungan melalui pendekatan zero waste dalam konsep ekonomi biru.

"Kawasan minapolitan dapat mendorong ekonomi biru jika limbah hasil pengolahan dikelola atau diolah kembali guna menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis," jelas Rubby.

Acara dilanjut sesi pematerian kedua oleh Syifa Fajar Maulani mengenai “Cara Mengkomersilkan Limbah Perikanan".




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x