Kompas TV otomotif otonews

9 Penyebab Utama Kendaraan Boros BBM, Simak Panduan Penghematan Bahan Bakar

Kompas.tv - 13 Agustus 2024, 14:30 WIB
9-penyebab-utama-kendaraan-boros-bbm-simak-panduan-penghematan-bahan-bakar
Foto ilustrasi. Sejumlah pengendara mengisi bahan bakar di SPBU Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (9/1/2017).Penting bagi pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan rutin dan mengadopsi kebiasaan mengemudi yang lebih efisien.
(Sumber: Kompas.com/ Garry Andrew Lotulung)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang terus terjadi membuat konsumen otomotif mencari berbagai solusi untuk menghemat penggunaan BBM.

Penting bagi pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan rutin dan mengadopsi kebiasaan mengemudi yang lebih efisien.

Dengan memperhatikan aspek-aspek tersebut, konsumen dapat menghadapi kenaikan harga BBM dengan lebih bijak dan tetap menjaga mobilitas mereka tanpa membebani anggaran secara berlebihan.

Selain itu pengendara juga perlu memahami dan mengatasi faktor-faktor penyebab borosnya konsumsi BBM ini sehingga dapat mengoptimalkan efisiensi bahan bakar.

Selain menghemat pengeluaran, langkah-langkah ini juga dapat membantu menjaga performa kendaraan dan mengurangi dampak lingkungan.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai sembilan penyebab utama yang membuat kendaraan menjadi lebih boros dalam mengonsumsi BBM, beserta cara mengatasinya sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (13/8/2024).

Baca Juga: Wuih, Perusahaan Ini Integrasikan Teknologi Kecerdasan Buatan ChatGPT di Mobil-Mobilnya

Penyebab Utama Kendaraan Boros Konsumsi BBM

1. Penggunaan BBM yang Tidak Tepat

Pemilihan jenis BBM yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan dapat menyebabkan kendaraan menjadi boros. Gunakan BBM dengan oktan yang sesuai untuk kendaraan Anda agar mesin bekerja optimal dan efisien.

2. Ban Kurang Angin

Tekanan angin yang kurang pada ban kendaraan dapat menyebabkan konsumsi BBM meningkat. Ban yang kurang angin membuat kinerja mesin menjadi lebih berat, sehingga pemakaian bahan bakar pun meningkat. Untuk mengatasinya, periksa tekanan angin ban secara rutin dan isi sesuai dengan rekomendasi pabrik.

3. Penggunaan Ban yang Tidak Sesuai

Modifikasi ukuran ban, baik terlalu kecil maupun terlalu besar, dapat mempengaruhi efisiensi BBM. Ban yang tidak sesuai akan meningkatkan gesekan dengan aspal, sehingga konsumsi bahan bakar meningkat. Gunakan ukuran ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan untuk menjaga efisiensi BBM.

4. Pelumas Tidak Diganti Rutin




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x