Kompas TV nasional humaniora

Berpetualang dan Mengenal Alam, Siswa SD Ini Berhasil Gapai Puncak Rinjani

Kompas.tv - 2 September 2024, 05:46 WIB
berpetualang-dan-mengenal-alam-siswa-sd-ini-berhasil-gapai-puncak-rinjani
Ilustrasi mengibarkan merah putih saat berhasil mencapai puncak Gunung Rinjani. Michael, siswa SD di Jakarta berhasil mendaki Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTT) bersama sang ayah dalam rangka HUT ke-79 RI. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengenalan isu lingkungan kepada anak menjadi salah satu langkah positif dalam membentuk sikap peduli dan menghargai lingkungan.

Pengenalan lingkungan sejatinya dimulai dari dalam keluarga. Salah satu cara mengajak anak untuk dekat dengan alam. Seperti berkemah, berpetualang mendaki bukit atau gunung.

Langkah tersebut dilakukan keluarga Leonardo. Ia mengajak anaknya Michael Hiroki yang masih duduk bangku SD Pangudi Luhur, Jakarta untuk berpetualang mendaki Gunung Rinjani, yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTT).

Tujuannya agar mendorong sang anak yang masih berusia di bawah 10 tahun itu, mengenal alam dan bagaimana untuk menjaga kelestariannya. 

Baca Juga: Keren! Kala Siswa SDN Purwantoro Produksi Film dan Tayangkan Karya di Bioskop Mini

Pendakian tersebut dilakukan dalam rangka merayakan HUT ke-79 RI, sekaligus mengenalkan anak untuk memahami pentingnya menjaga lingkungan.

Dalam pendakian tersebut, Michael ditemani Falentio Hikaru dan ayahnya Leonardo. Kegiatan keluarga ini dalam memperingati Kemerdekaan Indonesia ini bisa menjadi salah satu contoh bagaimana komunitas terkecil dapat melakukan hal yang positif dan membangun. 

Michael, seorang siswa SD Pangudi Luhur, Jakarta sukses menaklukkan Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTT). (Sumber: Tribunnes.com)

Leonardo menjelaskan dibutuhkan persiapan yang matang untuk Michael dalam menaklukkan puncak Rinjani yang menjadi gunung tertinggi ketiga di Indonesia, dengan ketinggian mencapai 3.762 meter di atas permukaan laut (MDPL). 

Baca Juga: Kampanye Cinta Lingkungan, Siswa SD Jalan Kaki Keliling Kampung




Sumber : Kompas TV, Tribunnews, Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x