Kompas TV nasional humaniora

Apa Saja Dampak Berbahaya dari Gas Air Mata? Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 27 Agustus 2024, 17:15 WIB
apa-saja-dampak-berbahaya-dari-gas-air-mata-ini-penjelasannya
Ilustrasi. Mata merah Keviana Naswa Ainurohma akibat gas air mata pasca Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 seusai pertandingan bertajuk Derbi Jawa Timur, Arema FC melawan Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Kepanjen, Kabupaten Malang, Sabtu (1/10/2022) malam. (Sumber: KOMPAS.com/SUCI RAHAYU)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Aksi demonstrasi soal polemik UU Pilkada di depan Gedung DPRD Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Senin, 26 Agustus 2024, berakhir dengan kericuhan setelah pihak kepolisian menembakkan gas air mata dan water cannon untuk membubarkan massa. 

Akibat dari tindakan ini, belasan anak-anak menjadi korban terdampak gas air mata yang digunakan oleh pihak kepolisian.

Insiden ini menjadi viral di media sosial, terutama di platform X (sebelumnya Twitter), di mana sebuah video memperlihatkan anak-anak yang sedang mengaji di Masjid Taqwa Sekayu, Kota Semarang, terkena dampak gas air mata. 

Dalam video tersebut, tampak anak-anak berseragam hitam putih langsung mendapatkan pertolongan dari orang dewasa yang mengoleskan pasta gigi di area bawah mata mereka sebagai langkah darurat untuk meredakan iritasi.

Beberapa dari anak-anak tersebut terlihat terduduk lemas di dalam masjid, menggunakan kain sarung sebagai penutup wajah untuk mengurangi paparan gas. 

Lalu apa saja dampak berbahaya usai terpapar gas air mata?

Baca Juga: Demo Kawal Putusan MK di Balai Kota Semarang Berujung Ricuh

Gas air mata adalah senyawa kimia yang digunakan untuk sementara mengganggu kemampuan penglihatan dan menimbulkan iritasi pada berbagai bagian tubuh. Termasuk mata, hidung, mulut, paru-paru, dan kulit.

Gas ini sering digunakan oleh aparat keamanan untuk membubarkan kerumunan atau mengendalikan demonstrasi.

Meskipun tidak mematikan, gas air mata dapat menimbulkan efek kesehatan serius, baik jangka pendek maupun panjang.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x