Kompas TV nasional politik

Golkar Batal Usung Airin di Pilgub Banten, Bahlil Buka Suara soal Tarik-menarik Rekomendasi

Kompas.tv - 26 Agustus 2024, 11:43 WIB
golkar-batal-usung-airin-di-pilgub-banten-bahlil-buka-suara-soal-tarik-menarik-rekomendasi
Ketua Umum Partai Golkar Bahlil Lahadalia di JCC, Jakarta, Rabu (21/8/2024). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Golongan Karya (Golkar) batal mengusung kadernya Airin Rachmi Diany di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Banten 2024, dan mendukung pasangan Andra Soni-Achmad Dimyati Natakusumah.

Penyerahan dukungan kepada Andra tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Umum Partai Golongan Karya (Golkar) Bahlil Lahadalia.

Bahlil juga menyampaikan pesan pada pasangan Andra Soni-Achmad Dimyati Natakusumah jika menang di Pilkada Banten 2024, usai menyerahkan langsung surat dukungan kepada Andra-Dimyati, disaksikan sejumlah pengurus DPP serta DPD Golkar Banten.

Penyerahan surat tersiar melalui rekaman video yang disebar ke awak media, Senin (26/8/2024) pagi.

Dalam video, Bahlil mengakui adanya dinamika yang luar biasa di Banten terkait tarik-menarik rekomendasi pencalonan gubernur-wakil gubernur.

”Namun, saya yakin dan percaya jika Pak Andra memenangkan kompetisi, saya titip satu pesan saja, jangan hanya melihat Gerindra, tetapi juga melihat Golkar, tujuannya satu untuk menyejahterakan rakyat,” ujarnya, dikutip Kompas.id.

Andra merupakan kader Partai Gerindra, sedangkan Dimyati kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Pasangan ini sudah mendapatkan dukungan dari 10 partai politik sebelum didukung Golkar.

Kesepuluh partai itu selain Gerinda dan PKS adalah Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Garuda, dan Partai Prima.

Pada 23 Juni 2024, dalam acara peringatan HUT Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG), Airin, resmi ditugaskan oleh Partai Golkar untuk maju Pilkada Banten.

Pada saat Airin ditugaskan sebagai calon gubernur itu, posisinya sudah lolos sebagai anggota DPR 2024-2029 melalui Dapil Banten III yang meliputi Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan.

Sebelumnya, Kompas.TV memberitakan, politikus Golkar Ahmad Doli Kurnia menyatakan pihaknya pun sudah menyiapkan Airin sejak 4 tahun yang lalu untuk maju sebagai bakal calon gubernur Banten.




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x