Kompas TV nasional humaniora

Bisakah Mendaftar Seleksi CPNS 2024 dan PPPK di Tahun yang Sama? Ini Penjelasan BKN

Kompas.tv - 24 Agustus 2024, 20:50 WIB
bisakah-mendaftar-seleksi-cpns-2024-dan-pppk-di-tahun-yang-sama-ini-penjelasan-bkn
Foto ilustrasi rekrutmen CPNS 2024. Cara daftar akun CPNS 2024 di sscasn.go.id. Sebelum bisa daftar seleksi, peserta wajib daftar akun SSCASN dulu sebagai tahap awal pendaftaran CPNS 2024. (Sumber: KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS – Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) sudah resmi dibuka pada Selasa (20/8/2024) lalu dan akan berlangsung hingga Jumat, 6 September mendatang. 

Namun, kebijakan yang membatasi pelamar hanya bisa mengikuti satu jenis seleksi Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam satu tahun menuai banyak pertanyaan dari masyarakat.

Kebingungan warganet terutama terkait aturan yang melarang pelamar CPNS untuk mengikuti seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di tahun yang sama. 

Menanggapi hal tersebut, Badan Kepegawaian Negara (BKN) memberikan penjelasan.

Plt Kepala Biro Humas dan Kerja Sama BKN, Vino Dita Tama, menegaskan bahwa pelamar hanya diperbolehkan melamar pada satu jenis pengadaan ASN pada tahun yang sama, yaitu CPNS atau PPPK. 

"Terkait hal tersebut (pelamar CPNS tidak bisa ikut PPPK di tahun yang sama) sudah kami sampaikan di kanal informasi BKN sesuai ketentuan pengadaan CASN tahun ini," ujarnya dikutip dari Kompas.com, Jumat (23/8).

Berdasarkan informasi dari BKN, pendaftaran PPPK 2024 memang belum dibuka. Namun, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas, memastikan bahwa pendaftaran PPPK akan segera diumumkan.

Vino juga menambahkan, selain hanya boleh melamar satu jenis pengadaan ASN, pelamar juga hanya diperbolehkan melamar satu instansi dan satu jenis jabatan dalam satu periode seleksi. 

Jika ada peserta yang mendaftar lebih dari satu instansi, jenis pengadaan, atau jabatan dengan menggunakan identitas kependudukan yang berbeda, mereka akan dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Baca Juga: Tes CPNS 2024 Dibuka Pengurusan Surat Kesehatan Meningkat




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x