Kompas TV nasional politik

Pemda Siapkan Undangan untuk Warga Sekitar IKN Hadiri Upacara HUT ke-79 RI di Nusantara

Kompas.tv - 9 Agustus 2024, 21:42 WIB
pemda-siapkan-undangan-untuk-warga-sekitar-ikn-hadiri-upacara-hut-ke-79-ri-di-nusantara
Seorang pekerja berlari di depan lapangan upacara dan Istana Negara yang akan digunakan dalam peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Republik Indonesia di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, pada Rabu (5/6/2024). (Sumber: Kompas/Mawar Kusuma Wulan)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pemerintah memastikan masyarakat sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, juga diundang menghadiri upacara HUT Ke-79 RI pada 17 Agustus 2024.

Sekretariat Presiden (Setpres) menyebut pemerintah daerah setempat akan menyiapkan daftar masyarakat lokal untuk hadir. 

"Ada undangan. Kami kerja sama dengan gubernur, bupati, pangdam, kapolda. Mereka siapkan list (daftar), kami siapkan undangan, semua unsur masyarakat," kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Yusuf Permana dalam keterangannya di Jakarta, dikutip dari Antara, Jumat (9/8/2024). 

"Para pekerja IKN pun diundang dan dihadirkan," tambahnya. 

Baca Juga: Satgas IKN Sebut Istana Kepresidenan dan Lokasi Upacara HUT RI di IKN Siap 95 Persen

Terpisah, Sekretaris Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kaltim Ahmad Firdaus Kurniawan juga mengaku sudah berkoordinasi dengan Setpres, terkait kuota yang telah disediakan bagi tokoh masyarakat maupun masyarakat umum lainnya.

“Sekitar 400 kuota telah dialokasikan untuk tokoh masyarakat di seluruh Kalimantan Timur, baik untuk upacara pengibaran bendera pada pagi hari maupun penurunan bendera di sore hari,” jelasnya di IKN, seperti dikutip dari Antara, Jumat (9/8). 

Khusus untuk warga sekitar IKN, terutama di Penajam Paser Utara (PPU) dan Kutai Kartanegara (Kukar), disediakan 500 kuota untuk setiap sesi.

Firdaus mengakui bahwa jumlah kuota yang disediakan terbatas. Hal ini dikarenakan kondisi IKN yang masih dalam tahap pembangunan dan agar suasana terjaga secara kondusif 

Baca Juga: Anggaran HUT RI Membengkak, Jokowi: Wajar Karena di Dua Tempat, IKN dan Jakarta




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x