Kompas TV nasional hukum

Saksi Mahkota Sebut SYL Selalu Ingatkan Anak Buah Kerja Sesuai SOP dan Tidak Korupsi

Kompas.tv - 19 Juni 2024, 13:44 WIB
saksi-mahkota-sebut-syl-selalu-ingatkan-anak-buah-kerja-sesuai-sop-dan-tidak-korupsi
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian (Kementan) RI nonaktif Kasdi Subagyono saat menjadi saksi mahkota di sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi dengan terdakwa SYL, Rabu (19/6/2024). (Sumber: Tangkap Layar Kompas TV.)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Pertanian (Kementan) RI nonaktif Kasdi Subagyono mengungkapkan eks Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo atau SYL selalu mengingatkan nilai-nilai integritas kepada para bawahannya.

Kasdi menyebut hal itu disampaikan SYL dalam rapat pimpinan setiap bulan selama menjadi Mentan.

Pernyataan tersebut disampaikan Kasdi saat menjadi saksi mahkota dalam sidang lanjutan kasus dugaan pemerasan dan gratifikasi dengan terdakwa SYL, Rabu (19/6/2024).

Adapun saksi mahkota adalah istilah untuk tersangka/terdakwa yang dijadikan saksi untuk tersangka/terdakwa lain yang bersama-sama melakukan perbuatan pidana.

"Apakah setelah beliau (SYL) dilantik sebagai menteri itu ada program kerja enggak? Maksudnya program kerja begini, ada pertemuan seperti saudara eselon I, ada pertemuan per minggu, per bulan?" tanya ketua majelis hakim Rianto Adam Pontoh di ruang sidang, Rabu.

"Yang rutin adalah per bulan rapat pimpinan yang dipimpin SYL," jawab Kasdi.

"Di sela-sela untuk mengecek program kerja para Dirjen atau Eselon 1 itu, apakah beliau selalu ingatkan tidak mengenai integritas kerja?" tanya hakim kembali.

"Benar Yang Mulia. Pada saat itu beliau sampaikan tiga hal penting," ujar Kasdi.

Adapun  tiga hal yang dimaksud yakni, salah satunya perintah untuk tidak melakukan korupsi.

"Nomor satu agar bekerja SOP (Standar Operasional Prosedur), jangan pernah melanggar aturan, kemudian yang ketiga no corruption, tidak ada korupsi," k Kasdi.

"Itu memang disampaikan oleh pimpinan setiap kali pertemuan seperti itu ya diingatkan integritas itu tadi, bekerja sesuai SOP, jangan melanggar aturan, intinya itu dan no corruption. Janganlah KKN, korupsi, kolusi, dan nepotisme. Selalu diingatkan itu, mengenai integritas itu?" tanya hakim memastikan.

"Iya selalu diingatkan pada saat rapat," ucap Kasdi.

Baca Juga: Adik SYL Irit Bicara usai Diperiksa KPK dalam Kasus Dugaan Pencucian Uang yang Jerat sang Kakak

Lebih lanjut hakim menanyakan ada tidaknya perintah SYL untuk melarang para Direktur Jenderal (Dirjen) Kementerian Pertanian (Kementan) atau eselon I untuk melayani permintaan-permintaan yang mengatasnamakan menteri.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x