Kompas TV nasional peristiwa

Petani di Subang Serahkan Uang Rp598 Juta agar Anaknya Jadi Polwan, Malah Dijadikan Pembantu

Kompas.tv - 21 Mei 2024, 10:34 WIB
petani-di-subang-serahkan-uang-rp598-juta-agar-anaknya-jadi-polwan-malah-dijadikan-pembantu
Seorang petani asal Subang, Jawa Barat, Carlim Sumarlin di Sapa Indonesia Pagi, Kompas TV, Selasa (21/5/2024) mengaku menyerahkan uang ratusa juta rupiah agar sang anak lulus menjadi polwan. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

SUBANG, KOMPAS.TV - Seorang warga Desa Wanakerta, Kecamatan Purwadadi,  Kabupaten Subang, Jawa Barat, Carlim Sumarlin (56)  mengaku menyerahkan uang sebesar Rp598 juta sebagai 'uang pelicin' agar putrinya bisa diterima menjadi anggota polisi wanita (polwan).

Carlim mengaku dirinya menyerahkan uang tersebut kepada pihak yang berjanji dapat meloloskan sang anak untuk menjadi anggota Polri.

Dari sejumlah orang tersebut, menurut Carlim dua di antaranya merupakan anggota Polri aktif, sementara satu lainnya merupakan mantan anggota Polri yang diberhentikan dengan tidak hormat (PTDH).

Dalam dialog Sapa Indonesia Pagi, Kompas TV, Selasa (21/5/2024), Carlim mengatakan, uang sebesar Rp598 juta yang ia serahkan merupakan hasil penjualan sawah dan kebunnya. Peristiwa itu menurut Carlim terjadi pada tahun 2016 lalu.  

Baca Juga: Petani Kena Tipu Oknum Polisi, Setor Uang Pelicin Rp 598 Juta Demi Anaknya Masuk Polwan

Saat itu, kata dia, dirinya didatangi oleh Asep Sudirman, mantan anggota Polri yang merupakan tetangga kampungnya.

“Awalnya saya kan tidak ada minat anak saya daftar polisi, datanglah Bapak Tarya dan Pak Asep yang mengiming-imingi suruh anak masuk ke kepolisian,” kata Carlim.

Kala itu, lanjut Carlim, dirinya menolak karena merasa tidak memiliki uang untuk mendaftar. Namun, terduga pelaku menyarankan agar Carlim menjual sawah serta kebunnya.

“Awalnya nolak saya, karena tidak punya uang, dia bilang ‘Sudah kebun jual saja, sawah jual aja, buat modalnya’,  katanya begitu.”



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x