Kompas TV nasional rumah pemilu

Tanggapi Keraguan atas Pasangan Prabowo-Gibran, Luhut Sebut Teringat Jokowi yang Awalnya Diremehkan

Kompas.tv - 25 Oktober 2023, 22:00 WIB
tanggapi-keraguan-atas-pasangan-prabowo-gibran-luhut-sebut-teringat-jokowi-yang-awalnya-diremehkan
Foto arsip. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Kabupaten Badung, Bali, Jumat (11/11/2022). (Sumber: ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Aditya Pradana Putra)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar Luhut Binsar Pandjaitan menyebut teringat Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menanggapi tentang adanya keraguan terhadap pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai bakal calon presiden (bacapres) dan bakal calon wakil presiden (bacawapres) di pemilihan umum presiden (Pilpres) 2024.

Ia menyebut, kabar bersatunya Prabowo dan Gibran yang merupakan putra sulung Jokowi itu menyita perhatiannya.

"Kabar yang sungguh menyita perhatian saya adalah bersatunya Pak Prabowo dan Mas Gibran sebagai pasangan capres-cawapres," kata Luhut, Rabu (25/10/2023) melalui keterangan tertulis resmi dari media sosialnya.

"Banyak yang menyambut ini dengan rasa optimisme, namun juga ada yang melihatnya dengan kacamata keraguan," imbuhnya.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) di Kabinet Indonesia Maju pemerintahan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin itu menerangkan, keraguan terhadap pasangan Prabowo-Gibran adalah hal yang wajar di sebuah negara demokrasi.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan: Pasangan Prabowo-Gibran Simbol Harapan untuk Indonesia Maju

Ia menyebut, berdasarkan pengalamannya selama puluhan tahun berkecimpung dalam dunia politik Tanah Air, ia mengaku sangat paham bahwa setiap keputusan di arena politik selalu berdasarkan pertimbangan mendalam.

"Hal inipun berlaku pada keputusan Pak Prabowo dan Mas Gibran," ungkap Luhut yang pernah menjadi Menteri Perindustrian dan Perdagangan tahun 2000-2001 era Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid.

Ia mengaku, saat melihat deklarasi Prabowo-Gibran sebagai bacapres dan bacawapres dari Koalisi Indonesia Maju, dirinya melihat adanya sebuah simbiosis.

"Ketika melihat keduanya dideklarasikan sebagai pasangan capres dan cawapres, gambaran yang  muncul di benak saya adalah simbiosis antara kebijaksanaan dan energi baru yang terpadu dengan sempurna," tulisnya.


Ia lantas menyinggung tentang Jokowi yang awalnya banyak diremehkan berbagai pihak saat masuk ke dalam dinamika politik nasional dengan mencalonkan diri sebagai capres.

"Masih terekam dalam ingatan saya bagaimana dahulu Pak Jokowi memasuki percaturan politik Indonesia. Diremehkan berbagai pihak ketika maju sebagai kontestan, namun menjelma menjadi salah satu tokoh yang sangat diperhitungkan," tegasnya.

"Memenangkan dua kali pemilihan presiden di Indonesia tidaklah sederhana, apalagi masih memiliki 80 persen lebih approval rate di setahun terakhir masa jabatannya," puji Luhut.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x