Kompas TV nasional politik

PPP: Pertemuan Ganjar dan Anies di Arab Saudi Tak Bicarakan Masalah Koalisi Pilpres 2024

Kompas.tv - 27 Juni 2023, 20:58 WIB
ppp-pertemuan-ganjar-dan-anies-di-arab-saudi-tak-bicarakan-masalah-koalisi-pilpres-2024
Kepala Bappenas Suharso Monoarfa berfoto bersama dua bakal calon presiden, yaitu Ganjar Pranowo dan Anies R Baswedan, saat bertemu secara tidak sengaja di Mina, Arab Saudi, Senin (26/6/2023). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPP PPP Achmad Baidowi memastikan kalau pertemuan bakal capres Ganjar Pranowo dengan Anies Baswedan di sela-sela menunaikan ibadah haji di Arab Saudi tak membicarakan masalah koalisi Pilpres 2024. 

Menurut dia, keduanya tak sengaja bertemu di Tanah Suci karena mereka bersamaan menunaikan ibadah rukun Islam kelima tersebut.

"Pasti ngobrolnya soal ibadah, soal kabar Tanah Suci, soal mendoakan Indonesia, yang jelas tidak akan ngomong koalisi, orang itu mau ibadah," kata pria yang karib disapa Awiek kepada wartawan, Selasa (27/6/2023).

Baca Juga: Ganjar Ketemu Anies di Arab Saudi saat Ibadah Haji, Nasdem: Pertemuan yang Menyejukkan

Awiek menjelaskan, visa kerajaan Arab Saudi bisa diberikan kepada siapa saja. 

Untuk Indonesia, kata dia, terdapat 50 jemaah haji yang mendapat visa gratis dari Raja Arab Saudi. 

Di luar itu, kata dia, visa kerajaan Arab Saudi bisa diperoleh oleh haji-haji khusus dan berbayar atau furoda.

"Jadi visa undangan raja itu hal biasa, bukan sesuatu yang istimewa. Di Indonesia hari ini ada 50 orang yang gratis, visa undangan raja, ada juga visa undangan raja yang digunakan untuk haji-haji khusus itu, banyak, meskipun bisa yang begitu tapi dia bayar, itu banyak kami temukan dan umumnya yang dapatkan visa-visa kayak gitu biasanya diberikan fasilitas di guest house kerajaan, nah ketika di guest house kan bukan hanya satu orang, banyak orang lah ketemu di situ," kata Awiek.

Meski begitu, kata Awiek, ia tak bisa memastikan apakah Ganjar dan Anies termasuk ke dalam 50 orang yang diberikan visa gratis dari Kerajaan Arab Saudi untuk melaksanakan ibadah haji.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x