Kompas TV nasional rumah pemilu

Soal AHY Masuk Radar Bacawapres Ganjar, Politikus Demokrat: Ini Sebuah High Politic

Kompas.tv - 7 Juni 2023, 22:00 WIB
soal-ahy-masuk-radar-bacawapres-ganjar-politikus-demokrat-ini-sebuah-high-politic
Foto ilustrasi. Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY berbicara kepada media seusai menyerahkan berkas pendaftaran bakal caleg DPR RI di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat, Minggu (14/5/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyebutan nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dalam bursa bakal calon wakil presiden (bacawapres) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) disebut sebuah high politic.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK) Partai Demokrat Herman Khaeron di program Kompas Petang, Kompas TV, Rabu (7/6/2023).

Ia menerangkan, dalam pandangan politik, bentuk dari "high politic" ialah politik kebangsaan, sedangkan bentuk dari "low politic" ialah masalah kepentingan-kepentingan partai.

"Nah ketika berbicara high politic, kepentingan bangsa dan negara, tentu ini menjadi sebuah iklim demokrasi yang luar biasa, ketika kemudian sosok Mas AHY disebut di PDIP ini juga menurut saya menjadi sebuah high politic, yang berbicara adalah nilai-nilai kebangsaan," kata Herman. 

Ia pun mengucapkan terima kasih atas pernyataan Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang menyebutkan nama AHY dalam radar bacawapres PDIP. Akan tetapi, Herman mengaku, pihaknya fokus membangun Koalisi Perubahan untuk Persatuan.

"Oleh karena itu kami berterima kasih, namun tadi disampaikan bahwa memang kami sedang fokus membangun bangunan politik bersama Koalisi Perubahan, yang tentu pada akhirnya nanti seperti apa, ya ini masih ada beberapa waktu ke depan," urainya.

Baca Juga: AHY Masuk Radar Bacawapres Ganjar Pranowo, Demokrat: Kami Fokus Bersama Koalisi Perubahan

Herman menyatakan, penentuan bacawapres tak hanya memandang popularitas dan elektabilitas, namun juga kesamaan visi dan misi dengan bakal calon presiden.

"Bagaimana juga menjawab situasi dan tantangan kebangsaan saat ini," imbuhnya.

Menurut Herman, pernyataan Puan menunjukkan bahwa AHY layak menjadi bacawapres di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Ia mengatakan pernyataan Puan terkait AHY yang masuk radar bacawapres Ganjar itu sebagai bentuk klarifikasi bahwa Ketum Partai Demokrat itu sudah layak menjadi bacawapres.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x