Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Nilai Cawe-Cawe Jokowi Tak Etis: Bagaimanapun Maknanya Jelas Negatif

Kompas.tv - 3 Juni 2023, 13:23 WIB
demokrat-nilai-cawe-cawe-jokowi-tak-etis-bagaimanapun-maknanya-jelas-negatif
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menerima para finalis ajang Puteri Indonesia tahun 2023 di Istana Negara, Jakarta, pada Senin (22/05/2023). Demokrat kembali mengkritik pernyataan Presiden Jokowi yang mengatakan akan cawe-cawe dalam Pemilu 2024. (Sumber: Sekretariat Kabinet RI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Demokrat kembali mengkritik pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan akan cawe-cawe dalam Pemilu 2024. 

Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menegaskan bagi pihaknya, pernyataan Jokowi yang mengatakan akan cawe-cawe, tidak etis.

"Kalau dari kami, bicara etis atau tidak etis, jelas. Jika dari kami, tidak etis," kata Herzaky dalam program Dua Arah Kompas TV, Jumat (3/6/2023).

Ia kemudian menyinggung pernyataan Jokowi yang mengatakan akan cawe-cawe dengan maksud memastikan pemilu berjalan jujur dan adil.

Menurut Herzaky, untuk memastikan pemilu berjalan lancar, jujur, dan adil merupakan tugas Jokowi sebagai presiden sehingga diksi cawe-cawe dinilai tidak tepat.

Pasalnya, kata dia, istilah cawe-cawe dapat diartikan sebagi upaya intervensi.

"Kalau kemudian bersandar pada cawe-cawe ini untuk kepentingan negara, bahwa ini untuk memastikan pemilu yang demokratis, jujur dan adil. Loh itu bukan cawe-cawe namanya. Kalau cawe-cawe itu ikut-ikutan, mengurus, membereskan, melakukan. Kalau memastikan pemilu jujur dan adil itu memang tugas utama presiden," tegasnya.

"Kita enggak mau tugas utama ini, beliau sampaikan cawe-cawe atau ikut-ikutan, sehingga kesannya nanti kalau ada yang gagal atau bermasalah, 'Bukan saya loh, kan saya hanya ikut-ikutan saja.' Ini kan enggak benar, namanya cuci tangan. Tapi kalau misalnya bagus, dapat kredit beliau."

Sehingga Herzaky pun mengingatkan agar tidak keliru dalam menangkap maksud cawe-cawe tersebut.

"Nah ini yang kami tidak mau, jangan sampai keliru dalam menangkap cawe-cawe. Ada yang menyebut cawe-cawe positif itu tugas utamanya kok," jelasnya.

"Yang kedua, cawe-cawe bagaimanapun maknanya jelas-jelas negatif."

Baca Juga: Nasdem: Buat Apa Dibuat Bawaslu dan DKPP kalau Presidennya Malah Cawe-Cawe

Namun pernyataan Herzaky ini langsung dibantah Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Faldo Maldini.

Faldo menegaskan, cawe-cawe yang dimaksud Jokowi adalah bukan untuk mengintervensi, melainkan demi kepentingan bangsa dan negara.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x