Kompas TV nasional politik

Meski Masuk 3 Besar Survei, Nama Prabowo, Ganjar dan Anies Masih Bisa Digoyang di Pilpres 2024

Kompas.tv - 27 April 2022, 11:44 WIB
meski-masuk-3-besar-survei-nama-prabowo-ganjar-dan-anies-masih-bisa-digoyang-di-pilpres-2024
Tiga nama yang kerap muncul dalam survei calon presiden 2024 seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Sumber: Sumber: KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOM, Dokumentasi @DKIJakarta/INSTAGRAM, Pemprov Jateng)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sebagai tiga nama tertinggi dari berbagai survei terkait calon presiden di Pemilu 2024 masih bisa digoyang.

Direktur Eksekutif Populi Center Afrimadona menilai peluang adanya perubahan calon presiden dalam Pilpres 2024 mendatang masih terbuka. 

Menurutnya tiga nama besar yang selalu merajai survei Pilpres bisa saja berubah. Ada dua faktor yang bisa merubah tiga nama tersebut. 

Baca Juga: Hasil Survei 2 Lembaga: Elektabilitas Ganjar Tundukkan Prabowo

Pertama tahapan Pemilu 2024 masih sangat panjang dan kemungkinan masih ada perubahan dalam koposisi Capres dan Cawapres.

Kedua yakni ada peristiwa politik besar, atau keputusan politk besar. Misalnya,  PDI Perjuangan mengusung nama lain dan tidak memasukkan Ganjar Pranowo sebagai Capres atau Cawapres di 2024 mendatang.

Begitu juga Anies yang tidak memiliki kendaraan politik tidak dilirik oleh partai yang bisa mengusungnya sebagai Capres atau Cawapres. 

"Jadi perubahan di tiga nama itu kemungkinan besar masih bisa terjadi, jika ada persitiwa politik besar, atau keputusan politik besar. Terutama Ganjar yang masih di PDI Perjuangan dan ini bisa mengubah peta pencalonan," ujar Afrimadona saat dihubungi di program Sapa Indonesia Pagi KOMPAS TV, Rabu (27/4/2022).

Baca Juga: Survei Charta Politika: Publik Sebut Kondisi Ekonomi Indonesia Buruk




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x