Kompas TV nasional peristiwa

KSPSI: Ada 1 Kepentingan yang Menunggangi Demo Omnibus Law

Kompas.tv - 9 Oktober 2020, 16:31 WIB
kspsi-ada-1-kepentingan-yang-menunggangi-demo-omnibus-law
Halte Transjakarta Bundaran HI Kebakaran di tengah demo Omnibus Law UU Cipta Kerja, Kamis (8/10/2020). (Sumber: Instagram @jalur5 )

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengakui ada satu kepentingan yang menunggangi demo Omnibus Law Undang-Undang Cipta Lapangan Kerja (UU Cipta Kerja).

"Hanya satu yang menunggangi, kepentingan buruh Indonesia. Yang merasa masa depannya terancam, yang merasa hak-haknya dizalimi dan dikebiri," kata Andi dalam pernyataan virtualnya kepada jurnalis Kompas TV, Ni Luh Puspa, Jumat (9/10/2020).

Namun Andi membantah jika buruh dan mahasiswa yang melakukan demo Omnibus Law kemarin ditunggangi pihak-pihak tertentu.

"Menanggapi pernyataan Menko Polhukam Pak Mahfud MD, bahwa demonstrasi menolak Omnibus Law ada yang menunggangi atau membiayai, saya menegaskan tidak ada yang membiayai atau menunggangi," tegas Andi.

Andi beralasan, demonstrasi buruh yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia berjumlah massa yang amat besar dan massif, sehingga tak mungkin ada pihak yang menunggangi massa sedimikian banyak itu.

Demo Omnibus Law Ditunggangi

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahmud MD menuding adanya aktor yang menunggangi demonstrasi Omnibus Law yang berakhir ricuh kemarin.

Pernyataan itu disampaikan Mahfud dalam konferensi pers yang digelar di kantor Kemenko Polhukam kemarin, Kamis (8/10/2020).

Mahfud menegaskan, akan mempidanakan para pelaku yang bertindak anarkistis dalam demonstrasi yang berlangsung kemarin.

"Pemerintah akan bersikap tegas dan melakukan proses hukum terhadap semua pelaku dan aktor yang menunggangi atas aksi-aksi anarkis yang sudah berbentuk tindakan kriminal," tegas Mahfud.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x