Kompas TV lifestyle beauty and fashion

Hati-Hati Cuci Muka Pakai Sabun Mandi, Ini 5 Efeknya, Bisa Bikin Iritasi Kulit

Kompas.tv - 22 Oktober 2024, 02:10 WIB
hati-hati-cuci-muka-pakai-sabun-mandi-ini-5-efeknya-bisa-bikin-iritasi-kulit
Ilustrasi. Cara menghilangkan dan mencegah garis senyum pada wajah (Sumber: Racool_studio on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Cuci muka menjadi salah satu cara paling efektif untuk menjaga kesehatan dan kebersihan muka. Namun, penting untuk menggunakan sabun yang diformulasikan khusus untuk wajah.

Pasalnya, penggunaan sabun mandi untuk wajah justru dapat merusak kecantikan kulit. Dikutip dari laman Healthline, sabun mandi terlalu keras untuk kulit wajah kita yang lembut.

Selain itu, sabun mandi memiliki pH tinggi untuk menghilangkan kotoran dan minyak di tubuh. Namun, formulasi tersebut tidak pas untuk menghilangkan kotoran dan minyak di kulit wajah.

Baca Juga: Jangan Stres, Emosi Negatif Ternyata Bisa Pengaruhi Kondisi Kulit Wajah

Berikut efek cuci muka pakai sabun mandi.

1. Iritasi kulit

Umumnya, sabun mandi mengandung wewangian atau pewarna. Kedua bahan kimia tersebut dapat menimbulkan iritasi pada kulit muka yang lebih sensitif. Iritasi juga bisa disebabkan oleh formulasi dari sabun mandi yang abrasif di kulit muka, hasilnya akan muncul kemerahan, gatal, hingga ruam.

2. Jerawat

Efek cuci muka pakai sabun mandi selanjutnya adalah menimbulkan jerawat. Penggunaan sabun mandi memicu peningkatan kadar pH kulit dan mengganggu produksi minyak alami kulit.

Ketika sabun mandi menghilangkan minyak alami kulit, produksi minyak ini bisa meningkat secara berlebihan. Minyak berlebih yang terperangkap bersama sel-sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori sehingga memicu jerawat.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x