Kompas TV lifestyle kesehatan

4 Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh saat Musim Pancaroba

Kompas.tv - 27 September 2024, 03:00 WIB
4-vitamin-untuk-meningkatkan-daya-tahan-tubuh-saat-musim-pancaroba
Ilustrasi Vitamin B Kompleks. (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Musim pancaroba atau peralihan musim kemarau ke musim penghujan akan segera tiba. Saat musim pancaroba, kondisi cuaca yang tidak menentu sering berpengaruh pada kesehatan. 

Melansir laman Kementerian Kesehatan RI, cuaca panas menyengat dapat berubah menjadi hujan lebat, atau sebaliknya, hanya dalam hitungan jam. Saat peralihan musim, perubahan suhu, kelembapan, serta intensitas cahaya matahari memudahkan penyebaran mikroorganisme penyebab penyakit.

Hal ini dapat melemahkan daya tahan tubuh sehingga mudah terserang berbagai penyakit. Namun tenang, ada beberapa jenis vitamin terbukti ampuh untuk mencegah berbagai penyakit pancaroba seperti flu. 

Baca Juga: 6 Manfaat Vitamin K, Cegah Pikun hingga Serangan Jantung

Daftar Vitamin untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Melansir laman Harvard Health Publishing, berikut daftar vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh saat musim pancaroba.

1. Vitamin C

Vitamin C berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit saat musim pancaroba. Dalam menjaga imun, vitamin C merangsang sel darah putih untuk menyerang bakteri dan virus pada bagian tubuh yang terinfeksi. 

Selain itu, vitamin C merupakan zat gizi yang bersifat antioksidan. Vitamin jenis ini melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Tubuh kita tidak dapat memproduksi vitamin C, sehingga konsumsi suplemen dan makanan yang kaya akan vitamin C sangat diperlukan. Makanan yang kaya akan kandungan vitamin C antara lain, jeruk, jambu biji, mangga, paprika merah, brokoli, bayam, dan kangkung.

2. Vitamin D

Vitamin D berperan penting untuk mengurangi peradangan dan mengaktifkan kekebalan tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan Inflammation & Allergy-Drug Targets (2013) menyebut, vitamin jenis ini berperan penting dalam mengatur respons imun tubuh.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x