Kompas TV lifestyle beauty and fashion

5 Kebiasaan Sepele yang Dapat Merusak Skin Barrier

Kompas.tv - 28 Agustus 2024, 04:20 WIB
5-kebiasaan-sepele-yang-dapat-merusak-skin-barrier
Ilustrasi kulit di cuaca panas. (Sumber: Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Skin barrier merupakan lapisan pelindung kulit yang berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan polusi, bakteri, dan iritasi. Skin barrier juga akan membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Skin barrier yang kuat akan membantu mencegah masuknya zat-zat berbahaya ke dalam kulit. Sayangnya, ada banyak faktor yang dapat merusak skin barrier ini.

Akibatnya, kulit menjadi sensitif, dan rentan terhadap masalah kulit lainnya. Dikutip dari laman Everyday Health, berikut kebiasaan sepele yang dapat merusak skin barrier.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sepele yang Dapat Percepat Penuaan Dini: Makan Junk Food dan Minum dengan Sedotan

1. Scrub wajah berlebihan

Scrub wajah berfungsi untuk mengeksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati yang menumpuk dapat menyebabkan kulit menjadi kusam, kering, dan bertekstur kasar.

Namun, berlebihan menggunakan scrub wajah dapat merusak skin barrier kulit wajah. Scrub wajah berlebihan dapat menimbulkan efek kemerahan, iritasi dan penuaan diri. 

2. Terlalu banyak konsumsi gula

Kebiasaan konsumsi gula secara berlebihan juga dapat merusak skin barrier. Kulit terdiri dari kolagen dan elastin, yang membuat kulit kita kenyal dan lembut. 

Gula merusak ikatan kolagen yang mengakibatkan kulit menjadi kaku dan kehilangan elastisitas. Konsumsi gula berlebihan juga akan memperburuk kondisi kulit seperti psoriasis dan jerawat, mempercepat tanda-tanda penuaan hingga garis halus.

3. Malas membersihkan muka atau terlalu sering




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x