Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Makanan Kaya Zat Besi untuk Cegah Anemia

Kompas.tv - 14 Agustus 2024, 05:30 WIB
7-makanan-kaya-zat-besi-untuk-cegah-anemia
Ilustrasi Daun Bayam yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh (Sumber: rawpixel.com on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Zat besi adalah salah satu senyawa mineral yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, konsumsi makanan yang mengandung zat besi adalah satu-satunya cara untuk memenuhi asupan mikronutrien ini.

Senyawa ini mendorong pembentukan hemoglobin dalam sel darah merah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Kekurangan zat besi dapat memicu berbagai masalah kesehatan, seperti badan lemas, anemia, gangguan pernapasan, bahkan masalah jantung. 

Melansir laman Healthline, berikut ragam makanan kaya zat besi untuk mencegah anemia.

Baca Juga: 7 Bahaya Kelebihan Zat Besi dalam Tubuh

Ragam makanan kaya zat besi

1. Bayam

Bayam menjadi salah satu sumber makanan yang kaya akan zat besi. Setiap 100 gram bayam mentah mengandung 3,5 miligram zat besi. 

Kandungan vitamin C pada bayam juga tergolong tinggi, yaitu 41 miligram per 100 gram, sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Kacang merah

Zat besi juga dapat ditemukan pada kacang-kacangan, seperti kacang merah. Terdapat sekitar 3,7 miligram zat besi di dalam 100 gram kacang merah mentah. 

Rutin mengonsumsi kacang merah dalam jumlah yang tidak berlebihan dapat membantu memenuhi kebutuhan zat besi di dalam tubuh.

3. Daging merah segar

Daging merah adalah jenis makanan yang mengandung banyak nutrisi penting untuk tubuh, termasuk zat besi. Dalam 100 gram daging merah mentah, terdapat 2,6 miligram zat besi. 

Sebagai salah satu makanan kaya zat besi, konsumsi daging merah dapat membantu memenuhi kebutuhan harian zat besi. Selain zat besi, daging merah juga mengandung berbagai nutrisi lainnya, seperti zink, asam amino, dan vitamin B12. 




Sumber : Healthline




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x