Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Manfaat Rutin Konsumsi Air Rendaman Daun Mint

Kompas.tv - 26 Juli 2024, 07:00 WIB
6-manfaat-rutin-konsumsi-air-rendaman-daun-mint
Ilustrasi daun mint (Sumber: Racool_studio on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Daun mint merupakan tanaman herbal yang populer digunakan sebagai obat tradisional. Tanaman ini memiliki rasa manis dan sedikit rasa mentol.

Melansir laman Healthline, daun mint mengandung serat, vitamin A, mangan, niasin dan folat. Tanaman ini memiliki ragam manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan manfaat dari daun mint ini, salah satunya dengan merendamnya dalam air. Berikut ragam manfaat rutin konsumsi rendaman daun mint.

Baca Juga: Catat! 10 Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan Tubuh, Dapat Meningkatkan Kekuatan Otak dan Imunitas

Enam Manfaat Rutin Konsumsi Daun Mint

1. Meredakan gangguan pencernaan

Manfaat rutin konsumsi rendaman daun mint yang pertama adalah meredakan gangguan pencernaan. Kandungan metanol dalam tanaman ini dapat berfungsi sebagai anti spasmodik yang merangsang produksi enzim saluran cerna.

Daun mint juga memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat meredakan gangguan pencernaan, infeksi perut, dan berbagai penyakit lainnya. Sistem pencernaan dapat terganggu ketika orang makan dalam porsi berlebih, mengonsumsi makanan pedas, berlemak, dan metabolisme tubuh yang buruk.

Rendaman air mint dapat meredakan gangguan pencernaan karena mengandung mentol yang bermanfaat untuk memberikan efek menenangkan. Di sisi lain, minum air rendaman mint juga membantu meredakan kram dan perut kembung.

2. Meredakan stres dan kelelahan

Salah satu manfaat mengonsumsi air rendaman mint adalah mengatasi kelelahan, meredakan stres, dan depresi. Tanaman herbal ini memiliki aroma yang kuat dan menyegarkan, sehingga membantu meredakan stres dan depresi, serta meremajakan pikiran.

3. Mendetoksifikasi tubuh

Salah satu manfaat mint yang paling besar adalah membantu mendetoksifikasi tubuh. Daun mint memiliki sifat diuretik yang dapat meningkatkan produksi urine. 




Sumber : Healthline




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x