Kompas TV lifestyle kesehatan

Menderita Diabetes? Simak, Berikut Daftar Minuman yang Mampu Turunkan Gula Darah

Kompas.tv - 22 Juli 2024, 14:05 WIB
menderita-diabetes-simak-berikut-daftar-minuman-yang-mampu-turunkan-gula-darah
Ilustrasi cek darah untuk ketahui penyakit diabetes pada remaja. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penderita diabetes dan prediabetes sebaiknya menghindari minuman manis dan beralih ke teh, kopi, dan susu nabati. 

Beberapa jenis minuman itu tidak hanya aman untuk penderita gula darah tinggi tetapi juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah. 

Berikut adalah beberapa minuman yang dapat membantu menurunkan gula darah, seperti disarikan dari Healthline dan Eat This:

Susu Nabati

Susu hewani dapat meningkatkan resistensi insulin, sehingga meningkatkan kadar gula darah. Sebagai alternatif, pilih susu nabati seperti susu kedelai, almond, atau oat yang lebih ramah bagi penderita diabetes.

Kombucha

Kombucha adalah minuman fermentasi dari teh hitam atau teh hijau yang mengandung probiotik. Minuman ini membantu mengontrol kadar gula darah pada penderita diabetes tipe 2.

Air Putih

Minum air putih membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh dan menurunkan kadar gula darah. Air putih membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula dalam darah melalui urine, sehingga kadar gula darah menurun.

Teh

Teh tanpa tambahan gula mengandung antioksidan yang mendukung kesehatan secara keseluruhan. Jenis teh seperti chamomile dan teh hitam, bila dikonsumsi tiga kali sehari selama delapan minggu, terbukti meningkatkan kontrol glikemik.

Baca Juga: Ampuh, Berikut Daftar Tanaman yang Bisa Mengobati Penyakit Asam Urat

Kopi Hitam

Minum kopi hitam tanpa gula dua kali sehari dapat mencegah peningkatan kadar gula darah dan menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kopi hitam kaya akan antioksidan yang mengurangi inflamasi dan stres oksidatif dalam tubuh.

Jus Sayuran




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x