Kompas TV lifestyle travel

Daftar 33 Pelabuhan yang Layani Penjualan Tiket Online Ferizy

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 23:53 WIB
daftar-33-pelabuhan-yang-layani-penjualan-tiket-online-ferizy
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) resmi menerapkan kebijakan reservasi pembelian tiket ferry online di 5 pelabuhan di Nusa Tenggara Timur, mulai Juli 2024. (Sumber: ASDP)
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) resmi menerapkan kebijakan reservasi pembelian tiket ferry online di 5 pelabuhan di Nusa Tenggara Timur, mulai Juli 2024. 

Lima pelabuhan itu adalah Pelabuhan Bolok-Kupang pada Jumat (5/7), Pelabuhan Larantuka-Flores pada Senin (8/7), Pelabuhan Aimere-Ngada pada Rabu (10/7), Kalabahi-Pulau Alor pada Kamis (11/7), dan Pelabuhan Waingapu-Sumba pada Jumat (12/7).

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan, digitalisasi penjualan tiket tersebut untuk pemerataan standar pelayanan di seluruh Indonesia. 

Penerapan e-ticketing ini juga dapat mempermudah pengguna jasa memperoleh dan memastikan ketersediaan kuota tiket, dengan tetap mengutamakan keakuratan data manifest untuk kepentingan keselamatan dalam perjalanan.

"Dengan kemudahan dalam memperoleh tiket ini, kita berharap dapat memperlancar mobilitas warga dan arus logistik daerah," kata Shelvy dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu (17/7/2024). 

Baca Juga: Menhub Sebut Banjir Rob di Pelabuhan Tanjung Emas Bikin Biaya Logistik Tinggi

Pasalnya, banyak komoditi utama pertanian seperti sayur-sayuran, buah-buahan, umbi-umbian, dan kacang-kacangan yang menjadikan kapal ASDP sebagai transportasi antar wilayah.

"Pembelian e-ticketing ini akan mempermudah petani dan pedagang untuk memperkirakan waktu perjalanan mereka," ujarnya. 

Tercatat sejak Januari hingga Juni 2024, Pelabuhan Bolok telah melayani total penumpang sebanyak 91.736 penumpang dan 19.741 kendaraan.

Dengan rincian 13.494 unit roda dua, 2.302 unit roda empat, 6 unit bus, dan 3.939 unit truk logistik dengan salah satu pelabuhan tujuan adalah Pelabuhan Larantuka, Aimere, Waingapu, dan Kalabahi.

Adapun Pelabuhan Bolok melayani lintasan Kupang - Hansisi, Kupang - Rote, Kupang - Aimere, Kupang - Waingapu, Kupang - Larantuka, Kupang - Kalabahi, Kupang - Lewoleba, Kupang - Sabu, dan Kupang - Raijua. 

Baca Juga: Meski Harganya Jutaan, Tiket Kereta Suite Class Compartment dan Luxury Laris Manis

Kemudian Pelabuhan Larantuka melayani lintasan Larantuka - Kupang, Larantuka - Lewoleba, Larantuka - Solor, Larantuka - Adonara, Larantuka - Baranusa, dan Larantuka - Kalabahi. 

Selanjutnya Pelabuhan Aimere melayani lintasan Aimere - Waingapu dan Aimere - Kupang. Pelabuhan Waingapu melayani lintasan Waingapu - Aimere dan Waingapu - Kupang. 

Sementara Pelabuhan Kalabahi melayani lintasan Kalabahi - Bakalang, Kalabahi - Baranusa, Kalabahi - Larantuka, Kalabahi - Lewoleba, Kalabahi - Solor, Kalabahi - Adonara, dan Kalabahi - Kupang.

Saat ini ada total 33 pelabuhan yang telah menerapkan pemesanan tiket online melalui aplikasi ataupun website Ferizy. Berikut daftarnya:

Pelabuhan yang Layani Pemesanan Tiket Online Ferizy

Merak, Bakauheni, Ketapang, Gilimanuk, Ajibata, Ambarita, Jangkar, Sape, Labuan Bajo, Lembar, Padangbai, Jepara, Karimun Jawa, Ujung, Kamal, Kayangan, Pototano, Tanjung Kalian, Pagimana, Gorontalo, Galala, Hunimua, Waipirit, Namlea, Batulicin, Tanjung Serdang, Bajoe, Kolaka, Bolok, Larantuka, Aimere, Kalabahi, dan Waingapu.

Baca Juga: Tarif, Rute, dan Jam Operasional Biskita Trans Depok-Stasiun LRT Harjamukti

ASDP menghimbau kepada pengguna jasa untuk datang lebih awal ke pelabuhan serta memastikan sudah memiliki tiket sesuai jadwal dan data manifest yang lengkap dan benar. 

"Silakan bertanya kepada petugas di lapangan apabila Bapak Ibu membutuhkan informasi tambahan khususnya terkait reservasi tiket online," tuturnya. 

Cara Pesan Tiket Kapal Ferry Via Aplikasi Ferizy




Sumber :




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x