Kompas TV lifestyle kesehatan

Bagaimana Kanker Ginjal Bisa Menyebar seperti Dialami Vidi Aldiano? Ini Penjelasannnya

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 07:48 WIB
bagaimana-kanker-ginjal-bisa-menyebar-seperti-dialami-vidi-aldiano-ini-penjelasannnya
Ilustrasi kanker ginjal (Sumber: Shutterstock Via Kompas.com)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyanyi Vidi Aldiano diketahui tengah mengidap penyakit kanker ginjal stadium tiga sejak 2019 dan telah menyebar. Karena penyakit tersebut, kini Vidi harus rajin mengunjungi rumah sakit setiap tiga minggu sekali untuk mendapat perawatan khusus.

Terbaru, Vidi mengaku selalu berpikir positif untuk menjalani hari buruk yang datang saat berjuang melawan kanker ginjalnya.

"Ga bisa dipungkirin bahwa I do have my bad days and in those days gue bisa really disfunction, dan ada moment yang rasanya ingin nyerah sama keadaan. But there is one thing that heals and keeps me alive, and that thing is music," ujarnya di Instagram, Senin (16/7/2024)

Lantas bagaimana kanker ginjal bisa  menyebar?

Baca Juga: Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan, Cegah Insomnia hingga Kanker

Kanker ginjal dapat menyebar ke area di dekat atau jauh dari titik asal ia tumbuh. Menurut informasi dari  American Cancer Society, kanker ginjal stadium III dan IV menunjukkan penyebaran telah sampai keluar ginjal.

Pada stadium IV, kanker ginjal telah menyebar ke area tubuh yang jauh. Proses penyebaran kanker ginjal tersebut disebut "kanker ginjal metastasis".

Mengutip Healthline, kanker ginjal dapat menyebar ke beberapa organ lain yang jauh, di antaranya: kelenjar adrenal, kelenjar getah bening, tulang, hati, Paru-paru, dan otak.

Penyebaran kanker ginjal dapat melalui salah satu dari tiga cara.

  • Kanker menyebar melalui jaringan ginjal

Ketika tumor tumbuh, ia dapat menjalar ke fasia gerota atau pembuluh darah besar di sekitar ginjal. Tumor juga dapat mengiinfeksi kelenjar adrenal, yang terletak tepat di atas ginjal. Setelahnya, kanker ginjal dapat menyebar lebih jauh.

  • Kanker menyebar melalui sistem getah bening

Getah bening terdiri dari jaringan di seluruh tubuh. Ini seperti pembuluh darah. Sel kanker dapat menyusup masuk ke dalam kelenjar getah bening dan kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

  • Kanker menyebar melalui aliran darah

Sel kanker dapat hanyut bersama aliran darah untuk masuk ke pembuluh darah. Setelah itu, sel kanker ginjal akan mengalir bersama aliran darah ke organ atau area lain yang jauh di seluruh tubuh. Cara kanker ginjal menyebar itu mungkin saja terjadi, karena ginjal adalah sepasang organ yang bertindak sebagai sistem detoksifikasi tubuh.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x