Kompas TV lifestyle tren

4 Aturan Emas Warren Buffett untuk Meraih Kesuksesan Finansial

Kompas.tv - 2 Juli 2024, 08:55 WIB
4-aturan-emas-warren-buffett-untuk-meraih-kesuksesan-finansial
Pemilik Berkshire Hathaway Warren Buffet (Sumber: AP)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Investor kelas dunia dengan kekayaan bersih mencapai 128,1 miliar dolar AS atau lebih dari Rp2.000 triliun, Warren Buffett,  telah membagikan empat aturan kunci yang dapat membantu siapa saja mencapai kesuksesan finansial.

Buffett, yang memulai perjalanan bisnisnya sejak sekolah menengah pada tahun 1945, dikenal sebagai sumber inspirasi bagi investor dan pebisnis di seluruh dunia.

Nasihat-nasihat Warren Buffett ini tidak hanya berguna bagi mereka yang ingin menjadi miliarder, tetapi juga bagi siapa saja yang ingin mencapai keamanan finansial, baik untuk pensiun sebagai jutawan, membangun kekayaan selama karir, atau sekadar mencapai rasa sukses secara umum.

Berikut ini adalah empat aturan penting dari Warren Buffett yang dapat diterapkan oleh siapa saja dalam berbagai situasi sebagaimana dikutip dari Express.co.uk.

Baca Juga: Bukan Cuma Konsumen, Penipuan QRIS juga Menyasar Penjual: Ini Tips Menghindarinya

1. Bayar Diri Sendiri Terlebih Dahulu

Konsep "pay yourself first" menekankan pentingnya menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung segera setelah menerima gaji.

Buffett menyarankan agar menganggap tabungan bulanan sebagai kewajiban yang tidak bisa ditawar, bukan sebagai pilihan. Hal ini penting untuk membangun dana darurat dan keamanan finansial jangka panjang.

Banyak pengusaha sering menggunakan tabungan pribadi untuk membiayai usaha mereka. Meskipun terlihat berani, praktik ini bisa berisiko tinggi.

Pandemi COVID-19 telah menunjukkan betapa pentingnya memiliki dana cadangan yang sehat untuk menghadapi situasi tidak terduga.

2. Hindari Pemborosan



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x