Kompas TV lifestyle kesehatan

7 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan, Turunkan Risiko Penyakit Kanker hingga Cegah Diabetes

Kompas.tv - 28 Juni 2024, 05:05 WIB
7-manfaat-jeruk-nipis-untuk-kesehatan-turunkan-risiko-penyakit-kanker-hingga-cegah-diabetes
Ilustrasi Jeruk Nipis (Sumber: Racool_studio on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jeruk nipis atau Citrus aurantiifolia adalah buah yang kaya akan vitamin C, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Konsumsi jeruk nipis atau sarinya bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Melansir laman Healthline, 67 gram jeruk nipis mengandung Vitamin C, kalsium, thiamin, hingga potasium. Selain itu, jeruk ini juga mengandung nutrisi lainnya seperti riboflavin, niacin, folat, fosfor, natrium, tembaga, kalium, hingga magnesium.

Berikut ragam manfaat jeruk nipis untuk kesehatan:

Baca Juga: 5 Manfaat Ajaib Jeruk Nipis, Mendukung Kesehatan Jantung hingga Cegah Batu Ginjal

1. Meningkatkan sistem imun

Kandungan vitamin C dalam jeruk nipis dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Vitamin C yang terdapat dalam jeruk nipis mampu meningkatkan produksi sel darah putih. Hasilnya, tubuh akan lebih terlindungi dari berbagai paparan yang memicu infeksi dan penyakit.

Selain vitamin C, buah ini juga merupakan sumber antioksidan yang bisa menjaga sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Menurunkan risiko peradangan

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan selanjutnya adalah menurunkan risiko peradangan dalam tubuh. Vitamin C dalam jeruk nipis berperan penting sebagai antioksidan kuat yang membantu tubuh melawan radikal bebas. 

Radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan sel dan jaringan, yang berkontribusi pada peradangan kronis. Konsumsi sarik jeruk nipis yang kaya akan vitamin C dapat mengatasi gejala arthritis.

3. Menurunkan risiko penyakit kanker

Jeruk nipis mengandung senyawa sekunder seperti limonoid. Senyawa tersebut berfungsi mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. 

Jeruk nipis juga kaya antioksidan yang akan melindungi tubuh dari paparan radikal bebas. Radikal bebas dapat meningkatkan kerusakan sel pemicu kanker. 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x