Kompas TV lifestyle beauty and fashion

6 Manfaat Asam Ferulat untuk Kulit Wajah, Termasuk Mengurangi Bintik Hitam

Kompas.tv - 13 Juni 2024, 05:40 WIB
6-manfaat-asam-ferulat-untuk-kulit-wajah-termasuk-mengurangi-bintik-hitam
Ilustrasi. Asam ferulat merupakan senyawa organik yang tengah populer digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit atau skincare. (Sumber: Racool_studio on Freepik)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Asam ferulat merupakan senyawa organik yang tengah populer digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit atau skincare.

Asam ferulat atau ferulic acid diklaim dapat membuat kulit lebih cerah, bersih, dan bebas kerutan. 

Dilansir laman Healthline, asam ferulat kerap dikombinasikan dengan antioksidan lain, seperti vitamin C atau vitamin E. Sebab, bahan aktif ini membantu memaksimalkan efek antioksidan lainnya.

Dikutip dari laman WebMD, asam ferulat bersifat antioksidan, antiradang, dan antimikroba. Senyawa ini juga bekerja dengan melawan radikal bebas yang mengakibatkan peradangan, penuaan, dan kematian sel.

Baca Juga: 5 Manfaat Lendir Bekicot untuk Kulit Wajah, Cegah Penuaan hingga Perbaiki Skin Barrier

6 Manfaat Asam Ferulat untuk Kulit Wajah

1. Melindungi kulit dari dampak buruk paparan sinar UV

Ferulic acid memiliki kemampuan untuk membantu melindungi kulit dari radiasi sinar UV yang dapat merusak kulit. Radiasi UV terdiri dari dua jenis, yaitu UVA dan UVB.

Kedua jenis radiasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada kulit, seperti penuaan dini, kerutan, hiperpigmentasi, dan meningkatkan risiko kanker kulit.

Studi yang diterbitkan dalam Journal of Photochemistry and Photobiology menemukan, asam ferulat dapat meningkatkan kadar SPF pada produk tabir surya atau sunscreen

Manfaat asam ferulat ini membuatnya sering menjadi bahan tambahan dalam produk-produk tabir surya.

2. Mencerahkan kulit

Asam ferulat membantu mengurangi produksi melanin berlebih. Caranya dengan menghambat enzim yang terlibat dalam proses pembentukan melanin, sehingga kulit tampak lebih cerah.

Senyawa organik ini juga memperbaiki warna kulit yang tidak merata. Ferulic acid juga sering digunakan bersama vitamin C dalam produk perawatan kulit. 

Vitamin C memiliki sifat mencerahkan, sedangkan asam ferulat membantu meningkatkan stabilitas dan kinerja vitamin C.

3. Mengurangi bintik hitam



Sumber : Healthline, Web MD



BERITA LAINNYA



Close Ads x