Kompas TV lifestyle kesehatan

6 Manfaat Buah Zaitun untuk Kesehatan, Cegah Kanker hingga Diabetes

Kompas.tv - 28 Mei 2024, 14:56 WIB
6-manfaat-buah-zaitun-untuk-kesehatan-cegah-kanker-hingga-diabetes
Foto ilustrasi. Buah zaitun yang jatuh ke tanah karena tidak dipanen akibat serangan Israel ke Lebanon Selatan. Buah Zaitun punya banyak manfaat untuk kesehatan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Buah zaitun telah lama dikenal sebagai superfood yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Buah yang tumbuh subur di kawasan Mediterania ini tidak hanya dapat dinikmati langsung, namun juha diolah menjadi berbagai bentuk seperti minyak zaitun.

Buah zaitun atau olive tumbuh dari pohon zaitun (Olea europaea).

Melansir laman Health, buah zaitun kaya akan vitamin E sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. 

Meskipun buah berwarna hijau ini terdiri dari lemak, lemak di dalamnya adalah lemak tak jenuh tunggal yang bermanfaat. Buah zaitun juga mengandung zat besi, tembaga, kalsium, dan sodium.

Baca Juga: Pemukim Israel Membunuh Pria Palestina yang Sedang Memanen Buah Zaitun

Zaitun mengandung banyak senyawa antioksidan. Beberapa senyawanya adalah oleuropein, hidroksitirosol, tyrosol, asam linoleat, dan quercetin.

Berikut manfaat buah zaitun untuk kesehatan.

6 Manfaat Buah Zaitun 

1. Cegah kanker

Salah satu manfaat buah zaitun adalah sebagai anti kanker. Kandungan asam oleat yang terdapat pada buah zaitun dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit kanker.

Selain itu, di dalamnya terdapat pula senyawa polifenol yang bersifat antioksidan. Antioksidan terbukti dapat menangkal radikal bebas penyebab kanker. 

Meski masih butuh penelitian lebih lanjut, buah ini dapat membantu menurunkan risiko kanker payudara, yang dapat terjadi setelah kehamilan.

2. Turunkan risiko diabetes

Orang yang mengonsumsi makanan tinggi lemak tak jenuh tunggal, seperti buah zaitun, cenderung memiliki kontrol gula darah yang lebih baik. Sebuah studi pada tikus membandingkan efek asam oleat (lemak dalam buah zaitun) terhadap palmitat.

Palmitat adalah lemak jenuh yang ditemukan dalam minyak sawit dan mentega. Palmitat lebih terkait dengan resistensi insulin dibandingkan dengan asam oleat.



Sumber : Health



BERITA LAINNYA



Close Ads x