Kompas TV internasional kompas dunia

Putin: Pertumbuhan Ekonomi Akan Berpusat di Negara BRICS, Arab Saudi, Asia Tenggara, dan Afrika

Kompas.tv - 19 Oktober 2024, 03:05 WIB
putin-pertumbuhan-ekonomi-akan-berpusat-di-negara-brics-arab-saudi-asia-tenggara-dan-afrika
Presiden Rusia Vladimir Putin hari Jumat, 18 Oktober 2024 memproyeksikan pertumbuhan ekonomi yang kuat di negara-negara BRICS, termasuk Rusia, China, dan India, serta Arab Saudi, dan negara-negara Afrika dan Asia Tenggara, seiring pergeseran kekuatan ekonomi dunia ke wilayah-wilayah ini (Sumber: TASS)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

MOSKOW, KOMPAS TV – Presiden Rusia Vladimir Putin, Jumat 18 Oktober 2024 memproyeksikan pertumbuhan ekonomi yang kuat di negara-negara BRICS, negara-negara Afrika dan Asia Tenggara, seiring pergeseran kekuatan ekonomi dunia ke wilayah-wilayah ini.

BRICS merupakan organisasi antarpemerintah yang beranggotakan Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan.

“Pertumbuhan ekonomi yang positif akan terjadi di negara-negara besar seperti China dan India, demikian pula di Rusia dan Arab Saudi. Namun, negara-negara di Asia Tenggara dan Afrika akan menunjukkan laju pertumbuhan yang lebih cepat," ujar Putin dalam pertemuannya dengan pimpinan media massa BRICS hari Jumat, 18 Oktober 2024 seperti laporan TASS. 

Putin menekankan “pembentukan pusat-pusat pertumbuhan baru” adalah tanda-tanda zaman. 

Menurutnya, perkembangan ekonomi global akan semakin terfokus pada negara-negara BRICS, Global South (Negara-Negara Selatan), serta kawasan Asia Tenggara dan Afrika. Pengalihan ini mencerminkan pergeseran tatanan ekonomi global yang selama ini didominasi oleh Barat, terutama negara-negara G7.

Putin juga mengungkapkan pangsa BRICS dalam Produk Domestik Bruto (PDB) global saat ini telah melampaui kelompok negara G7 dan terus meningkat secara konsisten. Hal ini, menurut Putin, adalah bukti nyata bagaimana kekuatan ekonomi mulai beralih ke negara-negara berkembang.

"Sebagai gambaran, pada tahun 1992, G7 menguasai 45,5% dari PDB global, sementara BRICS hanya menyumbang 16,7%. Namun pada 2023, BRICS telah meningkat menjadi 37,4%, sementara G7 turun menjadi 29,3%. Kesenjangan ini akan terus melebar di masa mendatang, dan hal ini tidak terelakkan," ungkap Putin.

BRICS saat ini memainkan peran penting dalam perekonomian dunia, dan peran ini akan terus meningkat di masa depan, menurut Putin.

Baca Juga: Rusia Dorong BRICS Bangun Sistem Pembayaran Alternatif yang Kebal Sanksi Barat

Peta Global South (merah) dan Global North (biru). Presiden Rusia Vladimir Putin hari Jumat, 18 Oktober 2024 memproyeksikan pertumbuhan ekonomi yang kuat di negara-negara BRICS, negara-negara Afrika dan Asia Tenggara, seiring pergeseran kekuatan ekonomi dunia ke wilayah-wilayah ini. (Sumber: Wikipedia)

Negara-negara BRICS dianggap sebagai penggerak utama pertumbuhan ekonomi global, mencerminkan transisi dari dominasi ekonomi Barat ke negara-negara berkembang.




Sumber : TASS




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x