Kompas TV internasional kompas dunia

Hamas Tembakkan Roket ke Israel saat Peringatan Serangan 7 Oktober

Kompas.tv - 7 Oktober 2024, 14:12 WIB
hamas-tembakkan-roket-ke-israel-saat-peringatan-serangan-7-oktober
Warga Palestina memeriksa puing-puing Masjid Yassin yang hancur akibat serangan udara Israel di kamp pengungsi Shati, Gaza City, Jalur Gaza, Senin, 9 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Adel Hana)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Edy A. Putra

 

JALUR GAZA, KOMPAS.TV - Sayap militer Hamas, Brigade Qassam, mengeklaim menembakkan roket-roket ke wilayah Israel pada Senin (7/10/2024), bertepatan dengan peringatan satu tahun serangan 7 Oktober.

The Associated Press melaporkan kelompok perlawanan Palestina itu melepaskan empat roket. Namun, serangan itu dilaporkan tidak mengganggu upacara peringatan yang sedang berlangsung.

Al Jazeera melaporkan, Brigade Qassam meluncurkan sejumlah roket Radium ke posisi-posisi militer Israel di Al-Awdah (dikenal sebagai Sufa oleh warga Israel), Holit dan Karem Abu Salem (dikenal sebagai Kerem Shalom oleh warga Israel).

Hamas juga mengatakan pihaknya menyerang pasukan Israel di berbagai bagian Gaza.

Militer Israel mengatakan tiga roket berhasil dicegat, sedangkan roket keempat jatuh di area terbuka. Hingga saat ini tidak ada laporan korban atau kerusakan akibat serangan ini.

Militer Israel mengeklaim meluncurkan gelombang artileri dan serangan udara sejak semalam dan hingga Senin untuk menggagalkan serangan hari ini.

Israel mengeklaim menargetkan pos peluncuran dan infrastruktur bawah tanah Hamas.

Baca Juga: 1 Tahun Agresi Israel dan Aksi Bela Palestina di Indonesia

Pertempuran pada hari peringatan itu memperlihatkan ketangguhan milisi Palestina dalam menghadapi serangan Israel ke Gaza yang telah menewaskan sekitar 42.000 orang. Menurut Al Jazeera, 16.000 lebih dari korban tewas itu adalah anak-anak.

Serangan itu juga telah menghancurkan sebagian besar wilayah Gaza dan membuat sekitar 90 persen penduduknya mengungsi.

Pada 7 Oktober tahun lalu, milisi yang dipimpin Hamas melubangi pagar keamanan Israel dan menyerbu pangkalan militer dan komunitas pertanian di dekatnya dalam suatu serangan mendadak.




Sumber : The Associated Press, Al Jazeera




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x