Kompas TV internasional kompas dunia

Waduh, Wabah Mematikan Muncul Lagi di Afrika, Virus Marburg Tewaskan 6 Orang di Rwanda

Kompas.tv - 30 September 2024, 11:30 WIB
waduh-wabah-mematikan-muncul-lagi-di-afrika-virus-marburg-tewaskan-6-orang-di-rwanda
Ilustrasi Virus Marburg. (Sumber: Daily Nigerian)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

KIGALI, KOMPAS.TV - Wabah virus mematikan kembali muncul di Afrika, di mana enam orang tewas di Rwanda karena virus Marburg.

Menteri Kesehatan Rwanda Sabin Nsanzimana mengungkapkan, kebanyakan korban adalah petugas medis di ruang perawatan intensif.

Sebanyak 20 kasus virus Marburg telah diidentifikasi sejak wabah dikonfirmasi, Jumat (27/9/2024).

Baca Juga: Respons Mengerikan Iran usai Jenderalnya Ikut Tewas saat Nasrallah Dibunuh Israel

Dikutip dari BBC International, Minggu (29/9/2024), virus Marburg memiliki angka kematian 88 persen, dan berasal dari virus yang masih keluarga dari Ebola.

Virus itu menyebar ke manusia dari kelelawar buah, dan kemudian melalui kontak dengan cairan tubuh orang yang terinfeksi.

Gejalanya termasuk demam, nyeri otot, diare, muntah-muntah, dan di beberapa kasus, kematian karena kehilangan darah yang ekstrem.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengungkapkan tak ada pengobatan spesifik atau vaksin bagi virus tersebut, tetapi jumlah produksi darah, pengobatan dan terapi imun tengah dikembangkan.

Pemerintah Rwanda mengungkapkan saat ini tengah meningkatkan pelacakan kontak, pengawasan dan pengujian untuk membantu membendung penyebaran.

Nsanzimana mengungkapkan petugas tengah melacak sekitar 300 orang yang melakukan hubungan dengan individu yang terdampak virus Marburg.




Sumber : BBC Internasional




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x