Kompas TV internasional kompas dunia

Media China Sebut Indonesia Kesulitan Pertahankan Perbatasan Maritim di Laut China Selatan

Kompas.tv - 15 September 2024, 11:56 WIB
media-china-sebut-indonesia-kesulitan-pertahankan-perbatasan-maritim-di-laut-china-selatan
Sebuah kapal perang Angkatan Laut China terlihat di perairan yang diperebutkan di Laut China Selatan, Rabu, 4 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Joeal Calupitan)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Media China menyebut Indonesia kesulitan mempertahankan perbatasan maritimnya di Laut China Selatan.

Hal itu diungkapkan South China Morning Post, Sabtu (14/9/2024), terkait insiden perselisihan antara penjaga pantai Indonesia dan kapal-kapal penangkap ikan China.

Media yang berpusat di Hong Kong tersebut melansir, pada Selasa (10/9/2024), Badan Keamanan Laut Indonesia (Bakamla) mengatakan melihat lima kapal penangkap ikan berbendera China berada di sekitar perairan yang terletak 40,7 km sebelah utara Tanjung Berakit, Kepulauan Riau.

Baca Juga: Waduh, Jenderal China Bertekad Hancurkan Setiap Campur Tangan Asing di Laut China Selatan

Tempat itu merupakan titik acuan utama untuk menentukan batas-batas wilayah Indonesia di Laut China Selatan, berdasarkan hukum maritim internasonal.

“Perselisihan baru-baru ini antara penjaga pantai Indonesia dan kapal-kapal penangkap ikan China menggarisbawahi kesulitan Jakarta untuk mempertahankan perbatasan maritimnya,” tulis South China Morning Post.

Mereka menambahkan, adanya serangan berulang meningkatkan kekhawatiran tentang kemampuan Indonesia menjaga perairannya di tengah meningkatnya ketegangan di kawasan.

South China Morning Post mengutip pernyataan pengamat senior dari Indonesia Ocean Justice Initiative (IOJI) Imam Prakowo, yang mengatakan kejadian tersebut berkemungkinan besar bukan hanya terjadi sekali.

“Berbagai kapal berlabuh tanpa izin, dan hal itu menjadi permasalahan yang sering dihadapi oleh Provinsi Kepulauan Riau, termasuk sekitar kawasan Tanjung Berakit,” ujar Imam.




Sumber : South China Morning Post




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x