Kompas TV internasional kompas dunia

Ribuan Demonstran Tolak Penunjukan Michel Barnier sebagai Perdana Menteri Prancis

Kompas.tv - 7 September 2024, 22:35 WIB
ribuan-demonstran-tolak-penunjukan-michel-barnier-sebagai-perdana-menteri-prancis
Pemimpin Prancis yang tak tergoyahkan Jean-Luc Melenchon, tengah, yang mengkritik penunjukan perdana menteri baru yang konservatif, Michel Barnier, sebagai perebutan kekuasaan, memberi isyarat saat ia berpartisipasi dalam demonstrasi protes di Paris, Prancis, Sabtu, 7 September 2024. (Sumber: AP Photo/Michel Euler)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

PARIS, KOMPAS.TV - Ribuan demonstran turun ke jalan di berbagai kota di Prancis pada Sabtu (7/9/2024), menentang penunjukan Michel Barnier sebagai Perdana Menteri oleh Presiden Emmanuel Macron.

Aksi protes ini dipimpin oleh kubu sayap kiri yang dipelopori Jean-Luc Melenchon, yang menganggap langkah Macron sebagai bentuk pengabaian terhadap kehendak rakyat setelah pemilu legislatif yang berujung pada parlemen yang terpecah.

Penunjukan Barnier, tokoh konservatif yang pernah menjadi kepala negosiator Brexit Uni Eropa, memicu kemarahan terutama dari partai France Unbowed yang dipimpin Melenchon. 

Para demonstran menilai latar belakang Barnier tidak mencerminkan aspirasi publik yang dinilai lebih condong ke kiri dalam pemilu lalu.

Di Paris, pusat demonstrasi berlangsung di Place de la Bastille, tempat yang bersejarah dalam perjuangan demokrasi Prancis. Ribuan warga yang mengenakan atribut partai kiri menyerukan penolakan terhadap Barnier.

Polisi setempat telah bersiap untuk menghadapi kemungkinan bentrokan di tengah suasana yang memanas.

Selain di Paris, dilansir dari The Associated Press, aksi serupa juga digelar di 150 titik lainnya di seluruh negeri, termasuk Montauban dan Auch di wilayah barat daya Prancis. 

Di Montauban, seorang orator dalam aksi tersebut mengutuk penunjukan Barnier sebagai bentuk "pengkhianatan terhadap demokrasi". 

"Rakyat telah diabaikan," ujarnya di hadapan massa yang antusias.

Baca Juga: Prancis Geger, Pria Ini Didakwa Rencanakan Pemerkosaan Istrinya oleh Puluhan Orang Selama 10 Tahun




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x