Kompas TV internasional kompas dunia

Durian Musang King Malaysia Dijual Rp1,3 Juta per Butir di China

Kompas.tv - 29 Agustus 2024, 14:25 WIB
durian-musang-king-malaysia-dijual-rp1-3-juta-per-butir-di-china
Durian Musang King dengan daging buahnya yang berwarna kuning kunyit. Durian Musang King asal Malaysia kini menjadi buah premium di China, dijual seharga RM350 atau sekitar Rp1,3 juta. (Sumber: Kompas.com/Shutterstock/Catherinescarlett)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

PETALING JAYA, KOMPAS.TV – Durian Musang King asal Malaysia kini menjadi buah premium di China, dijual seharga RM350 atau sekitar Rp1,3 juta (kurs per 29 Agustus 2024, Rp3.581 per ringgit) per butir.

Menteri Pertanian dan Keamanan Pangan Malaysia Mohamad Sabu mengungkapkan hal ini setelah melihat langsung penjualan durian tersebut di Shenzhen.

"Saya melihatnya saat kunjungan ke Shenzhen, China. Semua durian habis terjual dalam hitungan jam," tulis Mohamad dalam unggahan di Facebook pada 26 Agustus 2024, seperti dilaporkan Straits Times , Kamis (29/8/2024).

Mohamad mengunjungi Joy Ming Mau, sebuah perusahaan pengemasan dan distribusi durian segar di Shenzhen. 

Ia menjelaskan, perlu dua hari untuk mendistribusikan durian segar Malaysia ke outlet penjualan di kota tersebut.

"Permintaan akan Musang King sangat tinggi, dan saya mendapat informasi bahwa importir durian di China juga tertarik membawa jenis durian lain seperti durian kampung ke pasar mereka," tambahnya.

Dalam unggahan lainnya pada 28 Agustus, Mohamad menjelaskan, durian segar Malaysia dianggap sebagai buah premium di China, dengan harga yang lebih mahal dibandingkan durian impor dari Thailand dan Filipina.

Ia optimistis target nilai ekspor durian segar Malaysia sebesar RM1,8 miliar pada tahun 2030, dapat tercapai.

Malaysia memulai ekspor durian segar ke China pada 24 Agustus. Sebanyak 40 metrik ton durian segar, termasuk varietas Musang King, Black Thorn, D24, dan IOI, dikirim dari delapan perusahaan ekspor dalam tiga tahap.

Baca Juga: Penumpang Bus di Thailand Bawa Durian, Kondektur Sesak Napas lalu Pingsan

Ilustrasi. Durian Musang King asal Malaysia kini menjadi buah premium di China, dijual seharga RM350 atau sekitar Rp1,3 juta (kurs per 29 Agustus 2024, Rp3.581 per ringgit) per butir. (Sumber: Straits Times)

Ekspor Perdana dan Tantangan Logistik




Sumber : Straits Times/The Star Malaysia




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x